DNA ikan Salmon bermanfaat untuk kesehatan kulit? Apa benar?

Posted on

Ikan salmon dikenal sangan bagus dikonsumsi karena mengandung asam lemak omega3, protein, vitamin B, dan juga antioksidan yang tentunya baik untuk tubuh. Didunia kecantikan tren menyuntikan atau menggunakan krim yang mengandung DNA ikan salmon dapat mencegah penuaan dan membantu penyembuhan luka dikulit. Apakah itu benar?

Manfaat DNA ikan salmon untuk kulit

DNA ikan Salmon bermanfaat untuk kesehatan kulit? Apa benar?

Ada sebuah teori yang menyatakan, DNA yang terdapat dalam sperma ikan salmon dipercaya berkhasiat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Dr. Rachel Nazarian dari Schweiger Dermatology Group di New York menyatakan bahwa memang ada beberapa fakta yang mendukung teori tersebut.

Fakta ilmiah yang pertama yaitu pada sebuah penelitian terbitan international journal of Cosmetic Science pada tahun 2010. Studi tersebut membuktikan krim yang mengandung 3% DNA sperma salmon mengenyalkan dan melembabkan kulit wajah 90% pria patisipan setelah 12 minggu pengolesan secara rutin. Tim peneliti menemukan bahwa, DNA ikan salmon bekerja merangsang produksi asam hyaluronat pada sel jaringan ikat kulit.

Bukti lainnya terdapat pada jurnal terbitan Archives of Craniofacial Surgery pada tahun 2018. Penelitian ini menyatakan krim dengan kandungan DNA dari sperma salmon membantu menyembuhkan luka bakar yang terdapat di kulit tikus dengan cepat dibandingkan dengan cairan saline atau obat oles lainnya. Penelitian tersebut menunjukan krim Dengan kandungan DNA salmon membantu meningkatkan pembentukan pembuluh darah serta melancarkan aliran darah.

Ada juga bukti lain yang mendukung, yaitu menurut Dr. Nazarian, produk skincare yang mengandung DNA salmon sering dianjurkan pemakaiannya untuk memulihkan kulit setelah perawatan laser alternatif tertentu.

Dari bukti-bukti diatas, apakah benar DNA salmon bermanfaat untuk kulit?

Meskin membuktikan DNA ikan salmon ini berpotensi baik untuk kulit, hal tersebut masih perlu bukti-bukti dari penelitian yang lebih luas lagi untuk memastikan manfaatnya. Semua penelitian yang dilakukan sampai saat ini hanya dilakukan pada hewan atau kelompok kecil manusia.

Dr. Samer Jaber, seorang dokter kulit dari Washington Square Dermatology, masih meragukan jika DNA salmon benar benar manjur untuk mencegah penuaan kulit. Jaber berargumen, bahwa kandungan tersebut hanya untuk meningkatkan elastisitas kulit, bukan mencegah penuaan dini. Ia menyatakan, hingga saat ini, hal yang paling utama dalam mencegah penuaan dini ialah dengan rajin mengoleskan tabir surya pada kulit kita.

Yang lain juga berpendapat bahwa kebaikan salmon untuk kulit berasal dari kadungan omega3 dan vitamin D nya. Pada dasarnya, kulit manusia memiliki lapisan minyak alami di bagian paling atas kulit untuk melindungi kulit. Dan kandung omega 3 nya diketahui membantu mempertahankan kelembaban dan hidrasinya. Asam lemak omega 3 terbukti dapat mencegah kerusakan kolagen serta menjaga elastisitas kulit, dengan begitu kulit akan terhindar dari tanda-tanda penuaan.

Dr. Melda Isaac yang seorang dokter kulit dari Washington, DC, juga mengatakan bahwa vitamin D dari ikan salmon memiliki efek fotoprotektif. Yaitu dapat membantu melindungi kulit terhadap sinar matahari. Manfaat vitamin D pada daging ikan salmon juga bagus untuk pertumbuhan, perbaikan, serta radikal bebas dapat di cegah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *