Daun cincau untuk kesehatan

Posted on

Daun cincau yang diolah menjadi minuman pelepas dahaga ini memang sangat populer di indonesia terutama didaerah saya di jawa barat. Cincau yang memiliki ciri khas rasa yang menyegarkan dikombinasikan dengan eskrim dan gula aren sangat cocok di konsumsi sebagai pelepas dahaga disianghari. Selain rasanya yang nikmat, ternyata daun cincau sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Manfaat daun cincau untuk kesehatan tubuh kita

Manfaat daun cincau untuk kesehatan tubuh kita

Daun cincau memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena memiliki kandungan yang bermanfaat untuk tubuh kita, apasaja kah itu?

Berikut adalah beberapa kandungan dari daun cincau:

  • Energi
  • Protein
  • Lemak
  • Karbohidrat
  • Kalsium
  • Fosfor
  • Vitamin A
  • Zat Besi
  • Vitamin B1
  • Serat Makanan
  • Vitamin C

Dengan kandungan tersebut, daun cincau memiliki manfaat seperti berikut:

Mengatasi masalah pencernaan

Daun cincau capat mengatasi masalah pencernaan terutama diare, karena kandungan didalamnya mengandung senyawa alkaloid bisbenzilsokuinolin, vitamin B dan C. Dengan kandungan tersebut cincau dapat mengatasi masalah diare hanya dengan mengkonsumsinya secara teratur, yaitu tiga kali dalam sehari. Selain itu, daun cincau juga dapat membantu melancarkan kinerja usus dalam penyerapan sari makanan beserta kandungan bermanfaat lainnya pada makanan yang anda konsumsi.

Meringankan radang lambung

Selain dapat mengatasi diare, olahan daun cincau juga memiliki manfaat untuk menyembuhkan radang lambung karena memiliki kandungan antioksidan dan Vitamin C. Kandungan tersebut bekerja dengan membantu klorofil dalam mengatasi peradangan pada lambung dengan mengoptimalkan otot-otot pada dinding lambung untuk membunuh bakteri penyebab peradangan. Anda dapat mengkonsumsinya dengan meminum air rebusan cincau sebanyak 2kali dalam sehari.

Mengatasi diabetes melitus

Selain manfaat diatas, daun cincau juga bermanfaat untuk kalian yang menderita penyakit diabetes melitus. Bukan tanpa alasan, dengan kandungan bisbenzilsokuinolin serta klorofil, daun cincau dapat menstabilkan kadar gula dalam darah. Bagi kalian yang menderita penyakit diabetes melitus anda dapat mencoba daun cincau sebagai solusinya. Caranya sama seperti point sebelumnya, yaitu dengan meminum air rebusan daun cincau sebanyak 2kali dalam sehari.

Mengatasi tekanan darah tinggi

Daun cincau dapat mengatasi hipertensi atau tekanan darah tinggi, karena didalamnya terkandung S-S Tetandrin. Kandungan tersebut dapat mengatasi tekanan darah tinggi dengan membesarkan pembuluh darah sehingga aliran darah akan mengalir lebih lancar. Untuk anda yang mengalami hipertensi, anda dapat mengkonsumsi rebusan air cincau sebanyak tiga kali dalam seminggu.

Mencegah osteoporosis

Ternyata daun cincau juga memiliki manfaat untuk mencegah osteoporosis atau tulang keropos. Hal ini dapat dilakukan karena daun cincau memiliki kandungan kalsium, magnesium, serta fosfor yang cukup tinggi. Kandungan tersebut bekerja dengan cara meregenerasi tulang yang keropos. Osteoporosis biasanya sangat rentan dialami oleh banyak orang yang usianya lebih dari 30 tahun. Maka, dianjurkan untuk anda yang mulai berusia 30 tahun untuk mengkonsumsi cincau secara rutin.

Antioksidan

Kandungan klorofil dalam cincau dapat meresap dengan mudah kedalam tubuh dan dari dalam ia bekerja menangkal radikal bebas. Radikal bebas dapat mengambil elekrol lain sehingga terjadi mutasi pada DNA tubuh yang berujung terjadinya kanker. Selain itu antioksidan juga dapat bermanfaat untuk mendetoks racun dari dalam tubuh. Untuk itu, konsumsilah cincau untuk menghindari terjadinya kanker.

Antibiotik

Selain antioksidan, cincau juga bersifat debagai antibiotik alami. Ekor molekul klorofil memiliki sifat anti air, sehingga dapat mengangkat zat-zat polutan yang dapat mengganggu tubuh. Setelah bersih terangkat, pembuluh darah yang bersih membuat peredaran darah menjadi lancar. Kerja klorofil ini akan optimal jika anda selalu mencukupi kebutuhan cairan anda.

Antiinflamasi

Selain sebagai antibiotik, daun cincau juga bersifat antiinflamasi yang lagi lagi didapatkan dari kandungan klorofil. Peradangan yang dapat diatasi ialah peradangan yang diakibatkan bakteri atau kuman pada bagian tubuh tertentu. Untuk obat luar anda dapat mencampurkan daun cincau dengan sedikit garam dan tumbuk hingga halus, lalu tempelkan pada area yang bermasalah.

Itulah Manfaat daun cincau untuk kesehatan tubuh kita, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *