Cara Merawat Wajah

Posted on

Cara Merawat Wajah Agar Tetap Sehat dan Segar – Tahukah kamu, bagaimana sih cara merawat wajah secara alami? Kulit adalah bagian terluar tubuh kita. Wajar jika kesehatan kulit, khususnya kulit wajah bisa memancarkan apa yang ada di dalam tubuh kita. Kulit wajah yang sehat menggambarkan tubuh yang sehat. Nggak heran jika penting untuk mengetahui cara merawat wajah karena wajah adalah hal pertama yang diperhatikan ketika kita berinteraksi. Akan tetapi, masih banyak orang yang lupa akan pentingnya kesehatan kulit dan tidak merawat kulit wajah sehingga kulit menjadi kusam.

Penyebab Kulit Wajah Kusam – Sebelum membahas tentang cara merawat wajah, Kamu juga perlu mengetahui hal-hal apa saja yang menjadi penyebab seseorang bisa mengalami kulit wajah yang kusam. Kulit wajah bisa menjadi kusam karena disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya sering terpapar sinar matahari tanpa ada perlindungan moisturiser dan sunscreen, kebiasaan begadang, dan malas membersihkan wajah sebelum tidur. Beberapa kebiasaan di atas bisa mengakibatkan wajah Kamu menjadi kusam dan tidak bersinar.

Cara Merawat Wajah

Tips dan Cara Merawat Wajah Secara Alami

Berikut ini merupakan Tips dan cara merawat wajah secara alami agar selalu dalam keadaan sehat dan segar, diantaranya :

  • Bersihkan Wajah

Selalu cuci wajah minimal dua kali sehari pada saat baru bangun dan sebelum tidur. Jika kamu menggunakan makeup sehari-harinya, jangan lupa untuk membersihkan makeup, dilanjutkan dengan cuci muka. Hal ini dikarenakan makeup yang digunakan seharian sudah tertempel oleh debu serta kuman-kuman yang bisa menyumbat di pori-pori, sehingga berpotensi menyebabkan jerawat dan komedo. Setelah mencuci muka, keringkan wajah dengan cara ditepuk-tepuk menggunakan handuk sampai kering. Untuk sabun cuci muka, pilih sabun cuci muka sesuai dengan kebutuhan dan tipe kulit wajah.

  • Minimalisir Stress

Stress adalah faktor penting yang mempengaruhi tidak hanya kesehatan kulit, tapi juga keseluruhan kesehatan kita. Stress dapat memicu tumbuhnya jerawat, juga wajah kusam sehingga terlihat lelah. Minimalisir stress dengan cara tidak memforsir diri untuk melakukan sesuatu dan selalu istirahat secukupnya.

  • Makan Makanan Sehat

Di dunia serba instan seperti sekarang, mengonsumsi makanan sehat secara rutin tidaklah mudah. Makanan sehat seperti buah dan sayur kaya akan vitamin yang tidak hanya menaikkan daya tahan tubuh tapi juga menjaga kesehatan serta kesegaran dari kulit. Hindari juga mengonsumsi makanan fast food, dan instan yang minim nutrisi. Makanan dengan kadar minyak berlebih juga tidak baik untuk kesehatan kulit wajahmu. Makanan-makanan bervitamin E seperti kacang-kacangan juga baik untuk menjaga kesehatan kulit terutama memberikan kelembaban yang cukup.

  • Hindari Merokok

Selain kesehatan tubuh, dampak negatif merokok lainnya adalah membuat kulit kusam, bahkan keriput. Kebiasaan merokok mengakibatkan menyempitnya pembuluh darah kecil di lapisan terluar kulit, sehingga kulit kekurangan oksigen serta nutrisi penting bagi kesehatan kulit. Merokok juga merusak kolagen dan elastin yang berperan dalam memberi kekuatan, juga elastisitas kulit.

  • Lindungi Kulit dari Sinar Matahari

Sunblock, sunscreen, atau tabir surya sangatlah penting. Tidak melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB matahari dapat membuat kulit wajah terlihat kusam atau bisa merambat ke permasalahan lebih serius, seperti kanker kulit. Bagi pemula, menggunakan SPF mungkin terasa merepotkan. Tapi, setelah mengetahui bahaya dari sinar UVA dan UVB, apakah Toppers masih berani menyepelekan sunblock lagi? Pilihlah sunblock dengan komposisi paling tidak mengandung SPF 30 untuk lindungi kulit wajah sehari-hari.

  • Ketahui Jenis Kulit sebelum Merawat Wajah

Sebelum merawat kulit wajah, menentukan jenis kulit adalah hal yang sangat penting. Secara keseluruhan, kulit dapat dikategorikan menjadi 3 jenis: kulit kering, berminyak, dan kulit kombinasi yang memiliki bagian-bagian tertentu yang berminyak. Setelah mengetahui jenis kulit, maka membeli produk kecantikan seperti makeup dan perawatan wajah akan menjadi lebih mudah karena Toppers sudah memahami kebutuhan dalam merawah wajah.

Untuk kulit kering pilih produk pelembab kulit atau makeup untuk membantu menambah kelembaban kulit, sedangkan untuk kulit berminyak, dengan minyak berlebih, gunakan produk perawatan kulit untuk menyeimbangkan kelembababannya dengan menggunakan perawatan wajah yang tidak memproduksi lebih banyak minyak di wajah. Bagi kulit kombinasi, gunakan pelembab kulit pada bagian-bagian wajah tertentu dengan minyak berlebih saja.

  • Bersihkan Sel Kulit Mati dengan Eksfolian Wajah

Eksfoliasi atau membuang sel kulit mati sangatlah penting untuk merawat wajah agar cerah dan sehat. Eksfoliasi bisa dilakukan di rumah. Ada dua tipe eksfolian yaitu eksfolian chemical dan eksfolian physical. Eksfolian chemical adalah eksfolian dengan menggunakan bahan kimia seperti AHAs dan BHAs (hydroxy acids) untuk mengeksfoliasi atau mengangkat sel kulit mati pada wajah.

Sedangkan, eksfolian physical atau sering juga disebut scrub adalah eksfolian dengan menggunakan butiran halus untuk mengangkat sel kulit mati di wajah. Pilihlah produk eksfoliasi wajah yang cocok untuk kulitmu. Untuk kulit kering dan sensitif, disarankan untuk menggunakan eksfolian chemical dan untuk kulit kombinasi dan berminyak kamu dapat menggunakan eksfolian pyhsical atau scrub.

  • Gunakan Pelembab Wajah

Cara merawat wajah selanjutnya adalah dengan selalu gunakan pelembab wajah apapun jenis kulitmu. Ada mitos bahwa kulit berminyak tidak membutuhkan pelembab wajah karena kulit akan menjadi lebih berminyak setelah menggunakan pelembab. Mitos tersebut tidak sepenuhnya benar karena kulit berminyak juga butuh kelembaban. Kulit berminyak memproduksi minyak berlebih disebabkan oleh minyak yang tidak seimbang di wajah. Pengaplikasian pelembab kulit wajah pada bagian tertentu bisa membantu menyeimbangkannya.

Dengan menggunakan produk pelembab yang tepat formulanya seperti gel yang lebih ringan dari pada cream dapat membantu mengontrol minyak berlebih sehingga wajah tidak terlihat berminyak. Jadi untuk kamu yang memiliki kulit berminyak jangan lupa tetap gunakan pelembab wajah.

Jadi kesimpulannya memiliki kulit wajah sehat dan segar sangatlah penting tidak hanya untuk penampilan tetapi juga untuk keseluruhan kesehatan tubuhmu. Untuk kamu yang ingin kulit wajah sehat dan segar, jangan malas lagi rawat kulit wajah setelah mengetahui cara-cara merawat wajah di atas. Rasakan perbedaan kulit wajah setelah melakukan cara-cara merawat wajah di atas. Tanpa harus perawatan mahal ke dokter, kamu bisa mendapatkan wajah segar dengan melakukan perawatan wajah seperti diatas yang sudah saya jelaskan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *