Cara Merawat Rambut Keriting

Posted on

Cara Merawat Rambut Keriting – Rambut keriting membutuhkan pertimbangan khusus dalam hal perawatan. Rambut keriting cenderung lebih kering dan lebih rentan kusut daripada rambut lurus, jadi harus berhati-hati tentang mencuci, pengkondisian, dan menata rambut. Anda harus membatasi seberapa sering menggunakan sampo, dan menggunakan produk untuk menjaga kelembapan rambut Anda. Untuk itu, kami akan menjelaskan bagaimana cara merawat rambut kering yang mudah dilakukan.

Cara merawat rambut keriting

Cara Merawat Rambut Keriting Dan Kering Secara Efektif

Masalah yang sering dialami oleh orang yang memiliki rambut keriting adalah tekstur rambut yang sulit diatur dan terlihat kusut biasanya terjadi saat bangun tidur atau terkena tiupan angin. Maka dari itu, tidak heran jika banyak wanita yang berusaha meluruskan rambutnya yang keriting agar rambut terlihat lurus terurai dan mudah diatur. Akan tetapi Anda tidak perlu khawatir, meskipun Anda memiliki rambut keriting Ada beberapa cara merawat rambut keriting agar dapat tampil menawan.

  • Kurangi Dalam Menggunakan Sampo

Rambut keriting tidak perlu keramas seperti halnya rambut lurus. Keramas yang sering dapat meregangkan dan menghilangkan helai rambut yang rapuh, dan mengeringkan rambut keriting yang haus. Namun, Agar rambut lembab dan bagus seringlah menggunakan conditioner. Gunakan conditioner yang mengandung kelapa dan tidak mengandung silikon, menerapkan kondisioner bahkan jika Anda tidak keramas rambut Anda.

  • Pilih Sampo untuk Rambut Keriting dengan Bijak

     

Cara merawat rambut keriting dengan memilih sampo yang baik untuk rambut keriting. Gunakan sampo ringan atau kondisioner pembersihan busa rendah yang akan menyegarkan rambut dan kulit kepala tanpa terlalu banyak menghilangkan kelembapan dan minyak alami. Banyak gadis keriting bahkan melangkah lebih jauh dan mencairkan shampoo atau cleansing conditioner mereka dengan air suling.

  • Jangan Diusap Menggunakan Handuk

Rambut keriting tidak boleh sering diusap. Semakin sering diusap rambut keriting ini dapat kering dan kaku. Jika ingin mengeringkan pakai handuk cukup dengan menepuk pelan-pelan agar rambut Anda tidak terlalu basah. Kemudian biarkan rambut mengering secara alami cara merawat rambut keriting dengan menepuk-nepuk rambut ini dapat menjaga tekstur rambut keriting Anda.

  • Jangan Terlalu Sering Mencatok Rambut

Cara merawat rambut keriting dengan menghindari seringnya mencatok rambut. Karena mencatok rambut lurus terlalu sering dapat menimbulkan efek negatif terutama pada rambut keriting dan kering. Meskipun catok dapat membantu rambut menjadi lurus dan tidak mengembang, Akan tetapi jika memakainya terlalu sering dapat menyebabkan kelembaban rambut menghilang.

  • Usahakan Jangan Disisir

Apabila rambut keriting sering disisir, maka tekstur rambut akan rusak dan rambut bisa mengembang dan susah ditata. Jadi, usahakan jangan menyisir rambut keriting. Agar tidak kusut, cara merawat rambut keriting ini Anda bisa menata rambut dengan jari-jari tangan atau memakai sisir yang bergigi jarang ketika rambut masih basah. Setelah memakai condisioner, sisirlah rambut secara perlahan. Bilas rambut dan keringkan secara alami tanpa menggosok-gosok menggunakan handuk.

  • Memakai Minyak Hangat Alami

Cara merawat rambut keriting selanjutnya dengan menggunakan minyak hangat di rambut menggunakan bahan alami. Minyak ini dapat membuat suhu terasa nyaman di kulit, sehingga rambut yang rusak, kering, dan tidak sehat menjadi terawat kembali. Bahan alaminya yaitu minyak zaitun, minyak kelapa, minyak jarak, minyak almond ataupu minyak bunga mawar.

  • Perhatikan Pola Makan

Rambut juga memerlukan gizi yang baik agar rambut tumbuh sehat, indah dan berkilau. Begitu pula dengan rambut Anda yang keriting memerlukan gizi yang baik juga. Oleh karena itu penuhilah menu Anda sehari-hari dengan makanan yang kaya vitamin, mineral dan protein yang baik untuk menjaga kesehatan rambut dan menjaga rambut tetap terjaga kelembabannya. Jangan lupa juga untuk minum air putih minimal 8 gelas setiap hari. Sama halnya dengan kulit tubuh, kepala pun memerlukan cairan agar agar rambut tidak kering.

  • Jaga Rambut Saat Tidur

Agar rambut keriting tidak berantakan dan kusut ketika bangun tidur di pagi hari, gunakan sarung bantal dari kain yang licin seperti satin ataupun sutra. Begitu juga kalau kamu mengenakan topi. Lapisi bagian dalam topi dengan kain yang licin, agar saat topi dibuka, rambut keriting tidak menjadi berantakan.

Itulah informasi yang dapat kami sampaikan terkait cara merawat rambut keriting yang dapat Anda lakukan dan praktekan dirumah dengan mudah. Semoga artikel ini dapat membantu Anda. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *