Cara Merawat Kulit Sensitif

Posted on

Cara Merawat Kulit Sensitif – Memang sebagian orang memiliki kulit sensitif. Merawat kulit sensitif butuh kesabaran, tetapi sekali mendapatkan perawatan yang tepat. Maka anda akan terhindar dari paparan sinar UV, debu dan polusi penyebab kulit anda yang dapat menimbulkan masalah. Cara merawat kulit sensitif berbeda dengan jenis kulit lainnya. Karena ada yang harus ditaati saat melakukan perawatan.

cara merawat kulit sensitif

Cara Merawat Kulit Sensitif Secara Ampuh Dan Efektif

Kulit sensitif merupakan kondisi kulit yang mudah bereaksi dengan faktor luar seperti udara, bahan kimia dari produk kosmetik. Biasanya dapat menimbulkan bintik-bintik merah, mudah kering dan terlihat merah. Maka dari itu, bagi yang memiliki kulit sensitif Anda perlu mengetahui cara merawat kulit sensitif yang benar untuk mencegah secara efektif.

  • Pilih Produk Perawatan Kulit yang Baik dan Bijak

Cara merawat kulit sensitif yang pertama dengan memastikan produk yang Anda pilih cocok. Perhatikan produk yang diformulasikan untuk kulit sensitif. Hindari menggunakan produk kosmetik yang mengandung lanolin, Alcohol, Exfoliant yang keras, zat pewarna dan lainnya. Karena dari beberapa bahan tersebut dapat mengiritasi kulit.

  • Mengkonsumsi Makanan Sehat

Perbanyaklah mengkonsumsi sayur dan buah yang mengandung antioksidan tinggi. Apabila anda mengkonsumsi makanan sehat seperti anggur, stroberi, serta sayuran hijau yang dapat melindungi kulit sensitif Anda dan mampu melawan radikal bebas dari dalam tubuh. Ini adalah salah satu cara merawat kulit wajah sensitif selain menggunakan produk perawatan wajah.

  • Jangan Sering Mencuci Wajah

Apabila Anda terlalu sering mencuci wajah, kulit wajah jadi kehilangan kelemababan alami dan membuat semakin kering. Sehingga kulit Anda terasa gatal, merah dan kencang seperti ditarik. Mencuci muka menggunakan facial wash cukup 2 kali sehari atau maksimalnya 3 kali sehari, ketika pagi, siang dan malam hari. Jika Anda memakai facial wash yang cocok untuk kulit sensitif tentu sangat berbeda dengan jenis kulit muka lainnya. Tekstur sabun harus lembut seperti gel dan tidak mengandung zat iritatif. Sebaiknya juga menghindari scrub karena mampu mengikis lapisan pelindung kulit.

  • Menggunakan Pelembab

Jenis kulit normal, kering, berminyak, sudah pasti membutuhkan yang namanya pelembab. Akan tetapi, pada kulit sensitif ada sedikit perawatan khusus yang berbeda dengan jenis kulit lainnya. Kadar minyak pada pelembab haruslah imbang atau tidak terlalu banyak namun juga tidak terlalu sedikit. Kandungan pelembab juga dapat menentukan kulit sensitif Anda diantaranya asam glikolat, asam lipoat dan asam alfa hidroksi adalah tiga kandungan terbesar yang harus dihindari karena gampang memicu iritasi dan timbulnya jerawat pada kulit sensitif.

  • Minum Air Lemon

Cara merawat kulit sensitif dari dalam lainnya adalah dengan meminum air perasan lemon. Menurut beberapa penelitian tentang manfaat minum air lemon karena mengandung vitamin C dan antioksidan lain yang ditemukan dalam lemon dapat membantu melawan radikal bebas. Selain itu, air lemon juga dapat menghilangkan racun dari darah sehingga kulit terlihat lebih cerah dan terhindar dari masalah kulit lainnya.

  • Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung

Paparan sinar matahari langsung langsung dapat mengancam kecantikan kulit Anda. Sinar matahari dapat merusak lapisan kulit luar sehingga memunculkan keriput, kering dan berjerawat membuat kecantikan menurun. Cara merawat kulit sensitif selalu gunakan sun screen sebelum beraktifitas keluar rumah. Karena ini merupakan hal yang harus dilakukan bagi yang memiliki kulit sensitif maupun tidak. Apabila terlalu sering terkena sinar matahari langsung, kulit jadi timbul flek hitam, mudah berjerawat serta kehilangan elastisitasnya. Dengan begitu, Anda membutuhkan sunscreen dengan SPF 30 untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung.

Demikian cara merawat kulit sensitif yang dapat Anda ketahui. Jika Anda ingin menggunakan produk perawatan kulit untuk merawat kulit sensitif, Alangkah baiknya berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter spesialis kulit. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi Anda. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *