Cara Menghilangkan Uban

Cara Menghilangkan Uban

Posted on

Cara Menghilangkan Uban Secara AlamiTahukah kamu, bagaimana sih cara menghilangkan uban secara alami dengan cepat dan tidak muncul lagi? Uban merupakan suatu masalah pigmentasi pada rambut yang disebabkan oleh produksi melanin tidak maksimal. Pada dasarnya, uban akan muncul pada saat seseorang memasuki umur 40 tahun, baik itu pada pria maupun pada wanita. Tapi pada saat ini, banyak orang yang masih berusia dibawah 40 tahun sudah mengalami penuaan dini, walaupun memang secara alami semua kan menjadi tua dengan seiringnya waktu berjalan. Hal ini bisa berdampak tidak baik untuk kesehatan, penampilan, hingga performa dalam bekerja dll.

Salah satu contoh gejala penuaan dini tersebut adalah timbulnya uban atau rambut memutih di bagian kulit kepala, bahkan bisa disertai dengan masalah gangguan lain seperti daya ingat menurun, stamina mudah lelah, seringkali sakit dan masalah tulang sendi.

Mengetahui Penyebab Terjadinya Uban – Sebelum mengetahui cara menghilangkan uban, sebaiknya kamu juga mengetahui penyebabnya. Penyebab utama pada rambut beruban ialah menurunnya hormon pertumbuhan manusia yang dihasilkan oleh kelenjar pituitary dan yang lainnya, seperti :

1. Stress

Mungkin kamu bisa saja merasa sehat, akan tetapi tanpa kamu sadari tubuh kamu bisa menerima tekanan akibat pikiran kamu yang lagi stres. Karena Stres dapat menyebabkan terhambatnya produksi melanin yang merupakan pigmen alami pewarna rambut. Untuk mengatasi rambut uban tumbuh lebih cepat, usahakan agar mengatur keseimbangan kerja dan istirahat kamu dengan baik.

2. Rokok

Hasil dari sebuah penelitian yang diterbitkan di National Center for Biotechnology Information pada tahun 2010, menemukan bahwa perokok bisa dua setengah kali lebih cepat beruban daripada orang tidak merokok.

3. Nutrisi Kesehatan

Gizi yang buruk akan sangat berpontensi bagi uban untuk tumbuh lebih cepat, hal ini terjadi karena Kekurangannya vitamin B-12, serta kurangnya protein, vitiligo, anemia, tiroid, dan masalah kelenjar pituitari adalah penyebab lain tumbuhnya uban secara prematur.

4. Genetik

Nah, penyebab munculnya uban pada usia muda yang utama adalah gen yang ada dalam diri Kamu, cepatnya pertumbuhan rambut putih sudah tersimpan dalam kromosom yang diwariskan oleh orang tua ke anak. Artinya, apabila orang tua kamu memiliki masalah rambut beruban pada saat masih muda, maka kemungkinan besar masalah itu akan di turunkan kepada turunannya seperti anak, cucu dan seterusnya.

Nah itulah beberapa faktor penyebab timbulnya uban pada kepala kita, tapi buat kamu yang sedang mengalami hal ini tak usah khawatir. Disini saya akan berbagi informasi buat kamu tentang cara menghilangkan uban dengan cepat dan mencegah munculnya kembali.

Cara Menghilangkan Uban

Cara Menghilangkan Uban Secara Alami

  • Lidah Buaya

Lidah buaya atau yang juga dikenal dengan nama aloe vera ini bukan hanya dapat merangsang pertumbuhan rambut, melainkan juga bermanfaat dalam membuat rambut hitam, bercahaya dan sehat senantiasa. Lendir atau gelnya bisa diambil dan dibalurkan ke rambut sampai menyeluruh, diamkan selama beberapa menit atau paling tidak setengah jam agar nutrisi dapat terserap sempurna. Baru sesudah itu rambut bisa dibilas. Lakukan secara rutin dan teratur agar bisa membuktikan cara menghilangkan uban secara alami.

  • Minyak Zaitun

Minyak zaitun sangat bagus untuk membuat rambut hitam pekat alami dan terjaga kesehatannya. Inilah cara menghitamkan rambut secara alami dan permanen tanpa sedikitpun bahan kimia berbahaya, Caranya pun praktis karena cukup mengoleskan minyak zaitun secukupnya hingga ke seluruh rambut, mendiamkannya selama beberapa saat, lalu gunakan air bersih untuk membilas. Melakukannya secara rutin alias setiap hari akan memberikan hasil luar biasa.

  • Biji Pepaya

Biji pepaya bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan uban sejak dini. Untuk menggunakan biji pepaya kamu hanya perlu membersihkan biji pepaya dari buahnya dan cuci hingga bersih. Sangrai biji pepaya tersebut, kemudian tumbuk biji pepaya yang sudah disangrai tadi sampai halus. Tambahkan sedikit minyak kelapa secukupnya, barulah dicampur sampai merata lalu oleskan menyeluruh ke daerah rambut. Tutup menggunakan handuk dan diamkan selama kurang lebih 2 jam, lantas bilas sampai bersih. Lakukan secara rutin dan teratur agar bisa membuktikan cara menghilangkan uban secara alami.

  • Teh Hitam

Apapun masalah rambut yang kamu hadapi, entah itu karena tumbuhnya uban atau kemerahan karena rambut rusak, teh hitam adalah solusi tepat secara alami yang bisa dipertimbangkan. Cara perawatan rambut dengan bahan ini pun tergolong sangat sederhana, kamu hanya tinggal menyeduh teh hitam dan merendamkan rambut ke dalam cairan teh, selesai sudah. Tunggu sampai teh keadaan dingin untuk mencelupkan dan merendamkan rambut. Selanjutnya, diamkan beberapa saat sebelum akhirnya bisa dibilas dengan air pada waktu mandi. Lakukan secara rutin dan teratur agar bisa membuktikan cara menghilangkan uban secara alami.

  • Minyak Kemiri

Cobalah menerapkan minyak kemiri sebagai bahan alami dalam membasmi rambut beruban di kepala. Langkah pertama sangrai kemiri, kemudian haluskan hingga keluar minyaknya. Kamu bisa langsung mengoleskan ke bagian rambut kepala sampai merata. Diamkan sekitar 15 menit agar kandungan minyak kemiri meresap ke dalam, lalu bilas menggunakan air biasa sampai bersih. Lakukan secara rutin karena minyak kemiri dapat merawat kesehatan rambut.

  • Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah ramuan alami yang cukup ampuh dalam mengatasi masalah uban di usia muda. Kamu cukup membalurkan minyak kelapa dan memijatnya di atas kulit kepala, sehingga membuat kulit kepala terasa lebih lembab dan tetap sehat. Selain itu, minyak kelapa juga mengandung antioksidan yang mampu mencegah uban tumbuh kembali. Karena itu, tidak ada salahnya menggunakan minyak kelapa yang terbilang murah meriah ini.

  • Bunga Sepatu

Selain daun sepatu, kamu juga bisa menggunakan bunganya yang mampu menghilangkan uban pada rambut. Ambillah beberapa helai mahkota bunga sepatu dan haluskan setelahnya. Panaskan dalam minyak kelapa kurang lebih 200 ml, dan campurkan bunga sepatu tersebut ke dalam minyak kelapa. Biarkan minyak dingin dan simpan ramuan pada botol. Pada malam hari gunakan untuk mengolesi rambut dari akar hingga ujungnya.

  • Daun Sepatu

Daun sepatu yang banyak mengandung polifenol dan saponin bermanfaat untuk mengatasi uban. Cukup sediakan daun sepatu secukupnya dan cuci bersih. Selepas itu, haluskan daun sepatu dan tambahkan sedikit. Barulah disaring untuk disimpan dalam botol yang tertutup rapat. Kamu juga bisa memberikan sedikit perasan air jeruk agar lebih optimal. Gunakan ramuan daun sepatu sebagai oleskan di rambut, tunggu 30 menit dan bilas dengan bersih. Lakukan secara rutin dan teratur agar bisa membuktikan cara menghilangkan uban secara alami.

Itulah artikel tentang beberapa tips dan cara menghilangkan uban secara alami, semoga artikel ini bermanfaat. Selamat mencoba dan terima kasih…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *