Cara Menghilangkan Ketombe

Cara Menghilangkan Ketombe

Posted on

Cara Menghilangkan Ketombe Secara AlamiTahukah kamu, bagaimana sih cara menghilangkan ketombe secara alami? Ketombe merupakan kulit kepala yang sudah mati lalu mengering dan mengelupas. Baik pria ataupun wanita, ketika mengalami masalah ketombe akan berpengaruh terhadap rasa percaya diri.

Sebelum mengetahui cara menghilangkan ketombe, alangkah baiknya kamu mengetahui dulu penyebab timbulnya ketombe. Hal ini akan membantu kamu untuk mengatasi dan mencegah munculnya lagi ketombe diwaktu yang akan datang.

Penyebab Timbulnya Ketombe – Salah satu faktor penyebab ketombe adalah meninggkatnya Malassezia pada kulit kepala, Malassezia sendiri merupakan jamur seperti ragi yang tumbuh di area berminyak pada kulit kepala. Bila pertahanan alami kulit kepala terganggu, iritan yang dihasilkan oleh malassezia dapat menembus penghalang kulit kepala dan menyebabkannya memproduksi dan merontokkan sel kulit lebih banyak dari biasanya. Serpihan berwarna kuning keabuan yang kita kenal sebagai ketombe adalah sel kulit yang rontok dari kulit kepala. Yuk kita lanjut baca lagi cara menghilangkan ketombe secara alami.

Cara Menghilangkan Ketombe

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

Dibawah ini ada beberapa cara untuk menghilangkan ketombe yang wajib kamu ketahui, diantaranya :

  • Cuka Sari Apel

Cuka apel telah teruji ampuh mampu menghilangkan ketombe, kamu bisa memanfaatkan cuka apel untuk menghilangkan ketombe. Kadar asam yang tinggi pada cuka apel mampu mengontrol tingkat pH pada kulit kepala, mencegah tumbuhnya jamur penyebab ketombe. Kamu hanya perlu menyiapkan 1 SDM cuka apel, lalu oleskan pada rambut secara merata. Lalu keramas dan bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin dan teratur untuk mendapatkan hasil dari cara menghilangkan ketombe.

  • Kuning Telur

Telur merupakan sumber protein dan biotin yang bagus untuk menghilangkan ketombe di kulit kepala, caranya kamu ambil kuning telur dan kocok di sebuah wadah. Pastikan rambut dalam kondisi kering, dan tuang kocokan telur tersebut ke atas kulit kepala. Pastikan kalian menyiapkan plastik atau penutup kepala agar kuning telur tidak berantakan kemana-mana. Setelah satu jam, barulah bilas dengan air.

  • Minyak Kelapa

Minyak kelapa yang biasa digunakan untuk memasak, ternyata memili manfaat untuk menghilangkan ketombe. Minyak kelapa merupakan bahan alami tentunya sangat aman digunakan. Sebelum mandi, siapkan minyak kelapa sebanyak 3-5 SDM. Lakukan pijatan secara merata di kepala dan biarkan minyak kelapa selama 1 jam. Setelah itu, bilas dengan air atau shampoo secara baisa. Sekarang ini, sudah banyak pula produk shampoo yang menggunakan bahan minyak kelapa dalam produknya, ini juga bisa menjadi solusi lain untuk kamu.

  • Minyak Esensial

Kandungan anti jamur, anti bakteri dan anti virus pada minyak esensial, mampu menghilangkan dan mencegah ketombe pada kulit kepala. Kamu bisa memanfaatkan bisa menemukan minyak esensial dari lavender, wintergreen, thyme, sereh, cemara, oregano, dan pohon teh. Semua tanaman tersebut sangat ampuh melawan jamur dan ragi penyebab ketombe. Ambil contohnya saja minyak daro oregano. Satu sampai dua tetes minyak oregano, campur dengan 118 sampai 177 ml air untuk menciptakan tonik yang bisa kalian minum, ya minum.

  • Lidah Buaya

Lidah buaya mempunyai banyak kandungan vitamin seperti protein lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1, dan C. Semua vitamin tersebut berguna untuk menyehatkan rambut dan kulit rambut. Ambil lidah buaya, gosokkan lidah buaya tersebut ke kepala sebelum membersihkannya dengan shampoo. Lidah buaya bisa memberikan efek dingin pada kulit kepala yang gatal akibat ketombe.

  • Olive Oil

Olive oil merupakan minyak yang dihasilkan dan diolah dari tumbuhan olive atau zaitun. Selain baik untuk kesehatan tubuh, olive oil bagus juga untuk menghilangkan masalah ketombe. Buat kalian yang ingin menghilangkan ketombe dan menggunakan olive oil sebagai bahannya, mungkin akan terasa risih mendengar cara berikut ini. Siapkan 10 tetes olive oil, lalu pijat secara merata di kulit kepala. Jangan lupa tutup kepala dengan shower cap dan biarkan selama semalaman. Paginya, cuci bersih kepala dengan shampoo.

  • Baking Soda

Baking soda yang biasa digunakan untuk mengembangkan kue, bisa kalian manfaatkan untuk mengusir ketombe dari kepala. Caranya larutkan 1/2 sendok teh baking soda dengan air hangan. Tunggu sampai mengental, lalu oleskan pada kulit kepala secara merata. Baking soda bisa mengurangi jamur yang menjadi penyebab ketombe. Rambut kalian mungkin akan terasa kering ketika pertama kali, setelah beberapa minggu, kulit kepala akan memproduksi minyak, membuat rambut lebih lembut dan jauh dari ketombe.

  • Lemon

Lemon adalah salah satu cara menghilangkan ketombe, lemon sebagai buah yang ampuh untuk mengusir ketombe yang mengganggu. Gunakan 2 sendok makan air perasan lemon, kemudian bilas dengan air hangar. Belum selesai, aduk 1 sendok teh lemon ke 1 cup air, dan bilas lagi dengan air. Lakukan secara rutin hingga ketombe tidak muncul lagi.

  • Kelabat/Fenugreek

Biji kelabat ini yang merupakan bahan alami yang bagus untuk mengatasi kepala yang berketombe dan juga kerontokan rambut. Biji kelabat ini memiliki fungsi sebagai anti jamur. Cara menghilangkan ketombe dengan biji kelabat yaitu, kamu ambil biji kelabat sebanyak 2 sampai 3 sendok makan, lalu rendam dalam air selama 1 malam. Di pagi hari, hancurkan atau giling biji kelabat hingga berubah menjadi seperti pasta. Usapkan pasta tersebut ke seluruh kulit kepala dan biarkan selama beberap ajam. Bersihkan rambut dengan shampoo. Lakukan ini secara rutin 2 atau 3 kali dalam seminggu.

 

Tips Mencegah Ketombe – Adapun beberapa tips untuk mengatasi, mencegah dan cara menghilangkan ketombe seperti :

– Menjaga Kulit Kepala Tetap Terhidrasi

Kulit kepala yang kering dan terdehidrasi akan memperparah gejala ketombe yang ada serta menimbulkan rasa gatal dan lebih banyak serpihan. Jaga kulit kepala tetap terhidrasi dan bebas dari rasa gatal dengan banyak minum air agar tubuh dapat mengembalikan kelembapan yang hilang. Cuaca ekstrim dapat membuat kulit kepala menjadi kering, oleh karena itu hindari memakai topi di musim panas dan pastikan kepala tetap hangat di musim dingin. Menata rambut secara berlebihan juga dapat mengakibatkan kekeringan, jadi hindari penggunaan pengering rambut, pengeriting dan pelurus rambut secara berlebihan yang dapat menyebabkan kulit kepala kering.

– Menjaga Kulit Kepala Bebas dari Minyak Berlebihan

Kulit kepala terus memproduksi minyak alami yang disebut sebum, yang memberikan lapisan perlindungan alami yang penting untuk menjaganya tetap terhidrasi dan terhindar dari kekeringan. Namun, terlalu banyak sebum pada kulit kepala dapat membuat rambut berminyak dan mengakibatkan terjadinya ketombe. Kulit kepala berminyak mudah dihindari dengan mengurangi pemakaian produk rambut ketika menata rambut dan pastikan untuk membilas kulit kepala saat keramas. Hal ini membantu menghilangkan penumpukan kotoran yang bahkan dapat menyebabkan minyak berlebih atau membuat rambut tampak berminyak.

– Keramas Dengan Shampo Anti Ketombe

Ini langkah yang paling penting untuk menghilangkan ketombe dan memastikannya tidak datang kembali, dengan menggunakan shampo anti ketombe.

Nah itulah tips dan cara menghilangkan ketombe dengan menggunakan bahan alami yang bisa kamu coba praktekan di rumah, semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *