Cara Menghilangkan Karang Gigi

Cara Menghilangkan Karang Gigi

Posted on

Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara AlamiTahukah kamu, bagaimana sih cara menghilangkan karang gigi secara alami? Sakit gigi merupakan suatu penyakit yang rasa sakitnya sungguh-sungguh menyiksa membuat kita tak enak makan ataupun tidur. Sakit yang disebabkan adanya lobang gigi atau bahasa ilmiahnya “karies” menjadikan kita sakit yang amat teramat.

Penyebab Munculnya Karang Gigi – Pada dasarnya karang gigi muncul akibat dari sisa-sisa makanan yang tertinggal lama pada gigi dan telat membersihkannya, lama kelamaan akan menumpuk dan berubah menjadi karang gigi. Ditambah air liur yang mengandung mineral akan membantu sisa-sisa makanan yang ada pada gigi mengeras. Adanya karang gigi bisa mengakibatkan datangnya berbagai macam jenis penyakit lainnya.

Cara Menghilangkan Karang Gigi

Ada beberapa akibat negatif dari karang gigi, seperti :

Radang Gusi
Mulut yang kotor dapat menyebabkan gusi mudah terinfeksi, pada saat gusi terinfeksi dan kemudian berdarah. Akibat terinfeksi maka timbul benjolan bernanah pada gusi.

Gigi berlubang
Karang gigi yang tidak segera diobati akan menyebabkan gigi keropos. Penyebabnya karena karang gigi mengeluarkan zat asam yang bisa merusak email gigi. Padahal email gigi adalah bagian yang terkeras dari gigi yang berada di lapisan paling luar gigi. Setelah gigi makin keropos, gigi lalu akan semakin mudah untuk berlubang.

Bau Mulut
Sisa makanan yang terakumulasi dan menempel pada gigi dalam jangka panjang akan menimbulkan aroma bau mulut yang tidak sedap.

Periodontitis

Saat radang gusi semakin parah, jaringan lunak dan tulang penyangga gigi akan rusak. Pada fase ini, gigi mungkin juga bisa tanggal. Bahkan, ketika bakteri yang ada pada gusi masuk ke dalam aliran darah akan menyebabkan hal-hal yang lebih serius lagi.

Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami

Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami

  • Biji Asam Kawak

Biji asam kawak mampu menghilangkan karang di gigi kamu. Kamu bisa memanfaatkan biji asam kawak untuk menghilangkan karang pada gigi. Faktanya menghilangkan menggunakan biji asam kawak sangat efektif untuk menghilangkan karang gigi.

  • Strawberry

Buah strawbery adalah salah satu buah yang kaya akan vitamin C yang bisa membantu membersihkan karang gigi, mengkonsumsi buah strawbery secara rutin dapat berkhasiat menghilangkan karang gigi.

  • Cengkeh

Menggosokan daun cengkeh ke plak atau karang gigi adalah salah satu cara untuk yang efektif untuk menghilangkan dan membersihkan karang gigi yang ada pada gigi Anda.

  • Kulit Jeruk

Kulit jeruk merupakan salah satu cara menghilangkan karang gigi yang cukup efektif, sekalipun karang gigi yang sudah menumpuk atau membandel bisa dihilangkan atau dibersihkan dengan menggunakan kulit jeruk.

  • Baking Soda

Bahan makanan yang dikenal dengan Sodium Bicarbonate ini, seringkali digunakan untuk pengembang kue. Namun perlu kamu ketahui juga bahwa bahan ini ternyata ampuh untuk penghilang karang gigi. Mengapa demikian? Alasannya adalah karena sifat basa yang dimiliki baking soda bisa membantu untuk menetralkan pembusukan asam yang ada di dalam mulut.

Cara untuk menggunakannya, kamu bisa mengombinasikan 1 sendok teh baking soda dengan 1/2 sendok teh garam. Kemudian aduklah kedua bahan tersebut dalam cangkir hingga rata. Selanjutnya oleskanlah bahan tersebut pada sikat gigi untuk kemudian Anda bisa menyikat gigi Anda seperti biasanya. Apabila sudah selesai, jangan lupa untuk berkumur hingga bersir. Pemakaian baking soda ini hanya boleh dilakukan satu kali dalam satu minggu.

  • Garam

Selain menggunakan baking soda, kamu bisa merontokkan karang gigi dengan mencampuran garam dengan bahan lainnya. Misalnya garam yang dicampur dengan minyak mustard.

Kamu bisa langsung menggosokannya ke area gigi dimana terdapat karang, dan lakukan selama beberapa menit. Jika sudah, kemudian Anda perlu membersihkannya menggunakan air hangat.

Cara untuk membuat campuran dengan minyak mustard yaitu dengan cukup menyediakan garam sebanyak 1/2 sendok teh ditambahkan dengan sedikit minyak mustard. Minyak mustard tersebut tidak perlu terlalu banyak, asal cukup untuk membuat campuran pasta. Jika sudah terbentuk campuran dari minyak mustard dan garam, maka Anda bisa melakukan langkah selanjutnya.

Itulah tadi beberapa tips dan cara untuk menghilangkan karang gigi yang wajib kamu ketahui, agar kamu bisa terbebas dari masalah karang gigi. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuan kamu. Selamat mencoba dan terima kasih…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *