Cara Menghilangkan Flek Hitam

Posted on

Cara Menghilangkan Flek Hitam Secara Alami – Tahukah kamu, bagaimana sih cara menghilangkan flek hitam di wajah secara alami? Flek hitam atau bahasa lainnya “Dark Spot” merupakan suatu masalah kulit yang pada umumnya banyak di alamai oleh wanita yang usianya sudah mulai menua. Kulit yag terpapar langsung oleh sinar matahari akan mengalami meningkatnya produksi sel melanosit yang mampu menyebabkan penggelapan pada kulit, kondisi seperti ini yang disebut dengan kondisi hyperpigmentation.

Penyebab Flek Hitam – Flek hitam sering muncul pada area bagian tubuh yang sering terkena sinar matahari seperti punggung, kaki, tangan dan wajah. Hal tersebut tak lepas dari seringnya kulit wajah terkena sinar matahari, terutama pada saat sinar matahari yang sedang benar-benar terik antara pukul 10 sampai pukul 2 siang. Selain akibat paparan sinar matahari, flek hitam bisa timbul akibat kanker, stres, kurang vitamin, penuaan dan rokok. Yuk kita lanjutin lagi bahas cara menghilangkan flek hitam di wajah secara alami.

Cara Menghilangkan Flek Hitam Secara Alami

Dibawah ini meupakan tips dan cara menghilangkan flek hitam yang harus kamu ketahui, diantaranya :

  • Minyak Cendana

Pohon cendana wangi adalah pohong yang menghasilkan kayu dan minyak cendana, kayu ini berasal dari Mysoram India. Minyak cendana mempunyai khasiat sebagai anti septik serta anti penuaan pada kulit. Untuk penggunaan pada kulit wajah, kamu bisa menambahkan seperti air mawar dan jus lemon. Lalu usapkan kebagian wajah yang memiliki flek hitam. Diamkan hingga mengering setelah itu bilas hingga bersih.

  • Buah Semangka

Kulit semangka kaya akan serat dan mengandung vitamin A, B dan C. Kulit dari buah semangka dopercaya mampu menghilangkan flek hitam pada wajah. Kamu bisa memanfaatkan kulit buah semangka untuk di jadikan masker wajah alami, Cara menggunakanya adalah iris buah semangka dan ambil kulitnya saja, setelah itu usapkan bagian dalam kulit secara perlahan ke wajah yang berbintik hitam, setelah itu diamkan sekitar 15 menit lalu bilas.

  • Kentang

Kentang adalah tanaman yang yang berasal dari negara Amerika Serikat, dimana kentang ini sudah menjadi salah satu makanan pokok bago orang Eropa. Kentang mampu merangsang kolagen dan elastin sintetis, karena kentang kaya akan kandungan minyak lemak esensial, vitamin dan mineral. Kamu bisa memanfaatkan kentang dikombinasikan dengan jeruk nipis sebagai masker wajah. Caranya, gunakan 2-3 buah kentang lalu parut kentang, tambahkan sedikit air, peras parutan kentang dengan penyaring yang bersih. Kamu bisa menambahkan perasan jeruk nipis serta 1 sendok madu kedalamnya. Lalu oleskan pada bagian yang berbintik hitam pada wajah. Diamkan selama 15-20 menit lalu bilas hingga bersih.

  • Buah Pepaya

Dalam buah pepaya mengandung papain, dimana papain ini merupakan salah satu enzim yang mampu memproduksi sel kulit baru pada kulit. Papain juga mampu menghambat enzim tirosinase yang berfungsi sebagai penghasil melamin pada kulit. Kamu bisa memanfaatkan buah pepaya untuk dijadikan masker wajah alami, caranya : ambil buah pepaya lalu menjadi beberapa potongan setelah itu haluskan buah pepaya, setelah itu balurkan kepada bagian wajah yang mengalami flek hitam. Diamkan selama 10 sampai 15 menit lalu bilas wajah dengan air bersih yang mengalir. Selain daging buah pepaya yang memliki manfaat untuk wajah, kulit buah pepaya pun bisa kalian manfaatkan untuk menjadi scrub pada lutut dan siku tangan.

  • Lemon

Jeruk lemon juga mampu menghilangjan flek hitam diwajah secara alami, hal ini disebabkan karena lemon memiliki kandungan asam sitrat. Asam sitrat ini berfungsi sebagai pengangkat sel kulit mati dan mampu membantu menumbuhkan sel kulit baru, fungsi lainnya juga adalah mampu mencerahkan kulit.

Cara menggunakan jeruk lemon untuk menghilangkan flek hitam pada wajah adalah pertama-tama peras buah lemon menggunakan saringan dan taruh pada wadah seperti mangkuk. Setelah itu ambil kapas bola dan tuangkan perasan lemon pada kapas tersebut. Lalu oleskan ke wajah, jika sudah merata diamkan hingga mengering selanjutnya bilas dengan air bersih. Untuk sementara waktu jangan biarkan wajah terkena sinar matahari dahulu, karena akan membuat kulit wajah menjadi sensitif. Lakukan perawatan cara menghilangkan flek hitam secara rutin dan teratur untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Nah itulah tips dan trik serta cara menghilangkan flek hitam pada wajah secara alami yang sekarang sudah kamu ketahui, kamu bisa mempraktikannya langsung dirumah sesuai dengan selera kamu. Semoga artikel tersebut bisa bermanfaat, selamat mencoba dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *