Cara menghilangkan bopeng bekas luka jerawat

Posted on

Cara menghilangkan bopeng bekas luka jerawat – Atrophic acne atau yang biasa kita kenal dengan bopeng adalah sebuah kelainan kulit yang terjadi akibat jerawat yang menyebabkan luka di kulit. Luka ini membekas cekungan atau lubang yang dangkal yang terjadi akibat sel kulit yang tidak mempu memproduksi kolagen yang cukup untuk menambal lubang.

Cara menghilangkan bopeng

Cara menghilangkan bopeng

Lubang ini tidak dapat hilang dengan sendirinya, Namun ada beberapa cara yang dapat menghilangkan bopeng bekas jerawat.

Krim wajah untuk bopeng

Menggunakan krim di apotik yang dapat menghilangkan bekas jerawat menjadi solusi pertama yang terpikirkan oleh banyak orang. Pada dasarnya, krim ini bekerja untuk melembabkan kulit dan mengurangi gejala seperti gatal atau kemerahan.

Akan tetapi, Untuk mendapatkan manfaat dari krim ini, harus digunakan berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun. Lamanya reaksi krim ini tergantung kecocokan kulit dengan komposisi krim tersebut. Ada juga masker yang bekerja seperti krim ini, yaitu dapat merangsang produksi kolagen untuk menambal bagian cekungan di wajah.

Chemical peeling

Pengelupasan kulit atau Peeling bertujuan untuk mengurangi jaringan parut. Saat melakukan prosedur ini lapisan asam akan diterapkan pada wajah. Cara ini bertujuan untuk menghilangkan lapisan kulit terluar kulit dan membantu sel-sel baru untuk beregenerasi.

Perawatan peeling sebenarnya tidak akan menghapus bopeng, peeling lebih ditujukan untuk membuat pengelupasan kulit pada bekas luka yang tidak dalam. Peeling dilakukan dengan cairan khusus yang mengandung asam glikolat, asam poruvat, asam salisilat, asam trikloroasetat (TCA). Cairan tersebut memiliki efek samping yang terkadang memunculkan tanda kulit kemerahan dan iritasi setelah pengelupasan.

Dermabrasi

Cara ini mampu memberikan hasil kulit yang merata tanpa menggunakan bahan kimia. Dermabrasi adalah proses pengelupasan kulit menggunakan alat yang berputar di permukaan kulit wajah. Pada proses ini, akan menghilangkan lapisan kulit terluar dan lapisan tengahnya. Proses ini dilakukan dengan bius lokal atau umum, tergantung ukuran bopeng yang akan di tangani.

Dermabrasi sebaiknya dilakukan dengan orang yang ahlinya. Karena jika tidak, peroses ini dapat menimbulkan luka baru yang membesar.

Mikrodermabrasi

Merupakan metode menghilangkan bopeng yang dilakukan dengan cara menggunakan butiran kristal mikro untuk mengangkat lapisan terluar kulit. Metode ini dilakukan bertujuan untuk merangsang sel-sel kulit baru tumbuh sambil mendorong produksi kolagen.

Melakukan posedur mikro dermabrasi tidak memerlukan anestesi dan biasanya dilakukan dalam waktu 30 menit hingga 1 jam. Selain dapat menghilangkan bopeng, cara ini juga dapat digunakan untuk menghilangkan stretch marks, meratakan warna dan tekstur kulit dan menyamarkan tanda-tanda penuaan.

Derma roller

Cara derma roller bekerja ialah dengan memberikan luka pada wajah unutk merangsang kulit memproduksi kolagen yang membentuk lapisan kulit baru dibagian bopeng. Derma roller adalah roller yang terdapat banyak jarum yang sangat kecil pada permukaannya.

Alat ini dijual bebas dan dapat digunakan dirumah. Sebelum anda memilih roller yang akan digunakan, sebaiknya ukuran jarum pada roller sesuaikan dengan ukuran bopeng pada wajah. Disarankan untuk tidak menggunakannya di rumah untuk menghindari terjadinya kerusakan pada wajah.

Derma pen

Seperti hal nya derma roller, keduanya merupakan bagian dari metode microneedling. Yang membedakan hanyalah pada alat yang digunakan. Derma roller menggunakan alat yang berbentuk rol sedangkan derma pen berbentuk pensil dan ditusukkan ke bagian wajah yang bopeng. Alat ini juga dijual bebas, namun tetap disarankan untuk dilakukan oleh ahlinya agar tidak timbul efek negatif pada wajah anda.

Derma filler

Metode ini adalah penyuntikan wajah untuk mengangkat luka bopeng agar rata dengan kulit yang lainnya. Dengan kata lain, cara ini bertujuan untuk menambal kulit wajah yang berbopeng. Banyak produk pasaran yang digunakan untuk obat dalam penyuntikan ini, termasuk asam hilauronat dan kalsium hidroksilapit.

Derma filler memberikah hasil kulit yang rata namun hanya sementara. Meskipun begitu bisa berlangsung dari beberapa bulan hingga beberapa tahun, tergantung produk yang digunakan. Meski hasilnya buat ngiler, metode ini memiliki beberapa resiko seperti terjadinya iritasi, infeksi, bahkan muncul reaksi alergi.

Laser fraksional

Jika anda meminta saran perawatan pada dokter, biasanya dokter akan memberikan beberapa saran perawatan termasuk laser fraksional. Laser fraksional bekerja merangsang regenerasi pada luka bopeng diwajah. Sinar laser akan diarahkan pada bopeng yang ingin anda hilangkan. Laser akan menghilangkan bopeng bekas jerawat dengan membakar lapisan luar kulit yang bopeng dan menstimulasi pertumbuhan sel baru. Dengan melakukan metode ini, bopeng akan tersamarkan.

Lapisan laser ablatif

Metode laser ini bekerja dengan menghilangkan lapisan tipis kulit anda. Biasanya melakukan metode ini membutuhkan satu hingga dua minggu termasuk perawatan medis dan pemulihan. Hasil nya dapat bertahan selama bertahun-tahun tanpa perawatan tambahan.

Meskipun mampu menghilangkan bopeng, metode ini beresiko menimbulkan efek samping. Efek samping itu dapat berupa perubahan warna pada kulit, kemerahan bahkan pembengkakan. Maka sebaiknya anda mempertanyakan terlebih dahulu kondisi anda apakah aman untuk melakukan metode ini.

itulah beberapa cara menghilangkan bopeng yang bisa anda lakukan, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *