Cara Mengecilkan Pori-Pori Pada Wajah

Cara Mengecilkan Pori-Pori

Posted on

Cara Mengecilkan Pori-Pori Pada WajahTahukah kamu, bagaimana sih cara mengecilkan pori-pori pada wajah secara alami? pori-pori merupakan folikel rambut kecil pada kulit, folikel ini akan kelihatan lebih besar ketika tersumbat dengan kotoran ataupun minyak. Pori-pori bisa berubah menjadi lebih besar jika banyaknya sel kulit mati yang menumpuk didasar pori-pori.Besarnya pori-pori juga bisa disebabkan oeh luka bekas jerawat dan komedo.

Penyenbab Terjadinya Pori-Pori Membesar – Ketika kulit pada wajah memiliki pori-pori yang besar, itu akan menimbulkan berbagai permasalahan kulit pada wajah. Seperti masalah pertama yang akan datang adalah timbulnya jerawat dan wajah berminyak. Oleh karena itu, mengecilkan pori-pori yang besar adalah solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Cara yang paling efektif untuk mengecilkan pori-pori secara alami adalah menjaganya tetap bersih, termasuk pembersihan rutin, pengelupasan, dan perawatan.

Ada berbagai macam jenis masalah pori-pori pada wajah, seperti :
– Pori-pori Membesar
– Pori-pori Mengeriput
– Pori-pori Berkomedo
– Pori- pori Tersumbat Whitehead
– Pori-pori Bekas Jerawat

Cara Mengecilkan Pori-Pori

Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah Secara Alami

Dibawah ini banyak tips dan cara mengecilkan pori-pori pada wajah secara alami yanag harus kamu ketahui, diantaranya :

  • Face primer

Face primer mempunyai fungsi untuk mengecilkan pori-pori, sehingga membuat tampilan kulit tampak lebih flawless. Primer juga membuat foundation dapat menempel sempurna serta tahan lama pada kulit. Setelah itu, Anda bisa mengaplikasikan foundation dan bedak untuk menyamarkan tampilan pori-pori yang besar.

  • Sunblock

Agar kulit wajah terlindung dari sinar matahari, gunakanlah sunblock saat keluar rumah pada siang hari. Karena sinar matahari juga menjadi salah satu faktor yang dapat membuat pori-pori membesar.

  • Toner

Toner bermanfaat untuk membersihkan minyak dan kotoran yang tersisa saat membersihkan wajah dan mampu membantu mengecilkan ukuran pori-pori pada wajah, cara penggunaan toner adalah setelah pembersihan wajah dan sebelum menggunakan pelembab.

  • Madu dan Oatmeal

Manfaat dari kedua bahan ini madu dan oatmeal sudah di pastikan bisa menghilangkan minyak berlebihan yang menjadi sumber pori-pori membesar. Tambahkan 5 sendok makan madu dan 2 sendok oatmeal dengan dua sendok susu bubuk. Campur bahan tadi menjadi satu, pulaskan ramuan secara merata di wajah sambil diberi sedikit pijatan dengan gerakan memutar. Setelah selesai, bilas hingga bersih. Rawatlah wajah dengan ramuan ini secara rutin setidaknya 2 kali seminggu.

  • Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi sebenarnya hampir mirip dengan pengelupasan dengan scrub, tapi cara ini sedikit lebih efektif untuk mengecilkan pori. Cara ini mengikis sel-sel kulit mati, sehingga dapat meremajakan kulit secara keseluruhan. Anda bisa melakukannya di klinik dan salon kecantikan, atau membeli perlengkapan mikrodermabrasi yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

  • Scrub

Buang sel-sel kulit mati yang ada di wajah secara rutin, minimal 1x/minggu. Anda bisa menggunakan scrub yang tersedia di toko kecantikan atau bisa juga dengan membuat scrub sendiri, misalnya dengan garam yang dicampur dengan olive oil. Caranya gosokkan scrub perlahan-lahan ke seluruh bagian wajah secara merata, fokuskan pada daerah yang pori-porinya terlihat besar.

  • Es Batu

Bungkus es batu dalam kapas, kemudian gosokan ke suluruh bagian wajah. Es batu tersebut akan mengencangkan pori-pori, lakukan hal ini setiap pagi untuk memanjakan kulit. Perawatan ini juga bisa bermanfaat untuk menjaga produksi sebum (kelenjar minyak) pada kondisi normal.

Cara Mengecilkan Pori-Pori Pada Wajah

Nah itulah tips dan cara mengecilkan pori-pori pada wajah, semoga artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuan kamu. Selamat mencoba dan terima kasih…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *