Cara Mengatasi Rambut Rontok

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Posted on

Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara AlamiTahukah kamu, bagaimana sih cara mengatasi rambut rontok secara alami? Rambut merupakan mahkota bagi setiap manusia, khususnya bagi kaum wanita. Selain bisa mempercantik seorang perempuan, rambut juga bisa dijadikan ajang untuk bergaya. Akan tetapi kalau kamu sedang mengalami masalah rambut rontok, tentunya kamu harus melakukan perawatan rambut secara intensif. Buat kamu wanita yang berhijab, tentu juga harus melakukan perawatan kesehatan rambut agar tidak rontok.

Rambut rontok akan terlihat ketika kamu sedang menyisir rambut, mencuci rambut dll. sebenarnya, rambut rontok merupakan hal yang wajar saja dan pasti terjadi pada semua orang. Namun yang harus kamu waspadai adalah ketika rambut kamu rontok secara berlebihan, karena akan mengakibatkan kebotakan.

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Penyebab Terjadinya Rambut Rontok – Ada beberapa faktor penyebab terjadinya rambut rontok, seperti akibat proses bahan kimia, keturunan, kondisi medis dan bertambahnya usia. Nah sebelum kita mengetahui cara mengatasi rambut rontok, alangkah baiknya kita mengetahui penyebabnya. Lantas apa saja sih yang dapat menyebabkan rambut rontok? Yuk simak penjelasannya dibawah ini :

– Efek Samping Obat-obatan
Obat-obatan yang kamu konsumsi juga bisa menjadi salah satu penyebab rambutmu rontok. Contohnya obat-obatan yang biasa digunakan untuk menangani depresi, gangguan jantung dan tekanan darah tinggi.

– Perubahan Hormon
Perubahan hormonal yang terjadi pada wanita hamil bisa menyebabkan kerontokan.

– Pengaruh Psikologis
Kondisi psikologis seperti stres, depresi, atau tekanan fisik yang berat, misalnya setelah menjalani operasi besar, atau sehabis melahirkan akan menyebabkan rambut rontok. Namun, kerontokan karena kondisi psikologis tidak akan sampai membuat orang yang mengalaminya botak, dan bisa berkurang dengan sendirinya tanpa penanganan medis.

– Kurang Asupan Gizi
Asupan gizi yang kurang baik menyebabkan helai rambut yang tumbuh menjadi lebih tipis dan rapuh, sehingga rambut menjadi rontok. Hati-hati bagi kamu yang sedang menjalani diet, karena diet yang ekstrem dapat menyebabkan kerontokan rambut. Kamu mungkin saja kekurangan zat zinc dan protein yang dibutuhkan rambut.

 

Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

Dibawah ini merupakan beberapa tips dan cara mengatasi rambut rontok yang harus kamu ketahui, agar kamu terbebas dari masalah rambut rontok. Diantaranya :

  • Yogurt

Kandungan protein, kalium, kalsium dan vitamin D yang dimiliki oleh yogurt dapat memberikan nutrisi dan membantu menguatkan akar rambut.

Kamu hanya cukup mengoleskan yogurt tawar ke seluruh permukaan kulit rambut sambil memijat halus kepala seperti sedang creambath, tunggu dan biarkan selama 5 menit, kemudian bersihkan rambut dengan sampo dan air bersih.

  • Santan

Santan? Emang bisa??? Nah pasti pertanyaan tersebut pasti muncul dari diri kamu. Santan mampu mengatasi rambut rontok. Kamu bisa memanfaatkan santan untuk mengatasi rambut rontok serta membuat rambut halus dan mudah diatur.

Caranya juga mudah, kamu hanya cukup dengan mengoleskan santan ke seluruh permukaan kulit rambut hingga kulit kepala dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu, bilas dengan menggunakan sampo dan air bersih.

  • Minyak Zaitun

Kandungan vitamin A, C, D, E dan K, serta zat besi dan kalsium yang terdapat pada minyak zaitun, mampu mengurangi kerontokan pada rambut.

Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mengUsapkan minyak zaitun pada kulit kepala dan rambut secara merata, pijat dengan lembut lalu diamkan selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu, bersihkan dengan menggunakan sampo seperti mencuci rambut biasa. Lakukan setiap hari secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  • Lidah Buaya

Seperti yang sudah kamu ketahui, bahwa manfaat lidah buaya sangat banyak untuk kesehatan rambut. Kandungan protein, zat besi dan vitamin A dan D mampu mengatasi kerontokan pada rambut.

Cara menggunakannya sangat mudah, yaitu cukup oleskan gel yang terdapat dalam lidah buaya secara merata pada rambut dan kulit kepala, lalu diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat sampai bersih. Lakukan perawatan rambut ini setiap hari secara teratur agar rambut rontok berkurang, ya.

Tips Cara Mencegah dan Mengurangi Rambut Rontok:

Menghentikan kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan rambut rontok, dan menggantinya dengan kebiasaan baik. Yuk, cari tahu berikut ini:

– Biasakan diri mengonsumsi pola makan gizi seimbang setiap hari.
– Gunakanlah sisir bergigi jarang.
– Ubah kebiasaan menggosok rambut dengan kencang saat mencuci rambut agar rambut menjadu lebih lembut. Lalu hindari juga menggunakan kuku ketika menggaruk kulit kepala.
– Hindari mengikat rambut terlalu kencang seperti dikuncir atau dikepang.
– Hentikan kebiasaan menarik dan memelintir rambut.

Nah itulah bahasan mengenai cara mengatasi rambut rontok serta tips cara mencegah dan mengurangi rambut rontok, semoga artikel ini bermanfaat dan menjadi penambah pengetahuan kamu ya. Selamat mencoba dan terima kasih…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *