Cara Mengatasi Kulit Wajah Berminyak

Cara Mengatasi Kulit Wajah Berminyak

Posted on

Cara Mengatasi Kulit Wajah Berminyak Secara AlamiTahukah kamu, bagaimana sih cara mengatasi kulit wajah berminyak secara alami? Memiliki kulit wajah berminyak bukanlah suatu hal yang sangat menyenangkan, walaupun banyak orang yang mengatakan kalau seseorang memiliki wajah berminyak akan memiliki wajah yang awet muda. Memiliki kulit wajah berminyak akan membuat diri kita risih karena terganggunya penampilan, selain itu kulit berminyak pada wajah akan mudah terkena jerawat. Hal itu disebabkan karena kuman dan debu yang menempel pada wajah.

Penyebab Kulit Wajah Berminyak – Sebelum mengetahui cara mengatasi kulit berminyak, sebaiknya kamu mengetahui terlebih dahulu faktor penyebab kulit wajah berminyak. Ada beberapa faktor penyebab yang dapat mengakibatkan terjadinya kulit wajah berminyak, seperti :

Hormon

Perubahan hormon pada tubuh manusia adalah salah satu faktor penyebab kulit wajah berminyak, hal ini terjadi biasanya pada seseorang yang sedang mengalami pubertas atau ada jga yang sedang hamil. Hal ini sebabkan oleh ketidak seimbangannya hormon, sehingga kulit memproduksi minyak berlebihan.

Keturunan

Salah satu faktor penyebab kulit wajah berminyak yang tidak bisa dihilangkan adalah dari faktor keturunan, walaupun tidak bisa hilang secar permanent, minimal kamu bisa mengatasi agar kulit wajah berminyak tidak berlebih.

Stress

Akibat dari stress bukan hanya menyebabkan kamu menjadi depresi, stress juga mengakibatkan kulit wajah kamu berminyak. Hal ini terjadi oleh bentuk respon terhadap stres, karena selama kita mengalami stress, maka tubuh akan memproduksi minyak yang berlebih pada kulit.

Produk Kecantikan

Produk kecantikan yang ada dipasaran tidak semuanya bagus buat kulit wajah kamu, sebaiknya kamu memahami dulu dari suatu produk tersebut untuk jenis kulit kamu sendiri. Salah memilih produk kecantikan dapat menyebabkan kulit wajah kamu berminyak dan bermasalah.

Cuaca

Cuaca termasuk salah satu faktor penyebab kulit wajah berminyak, pergantian cuaca yang dapat menyebabkan suhu meningkat sehingga akan memaksa kulit memproduksi minyak karena demi untuk menjaga kelembaban kulit wajah.

Makanan Berlemak

Mengkonsumsi makanan yang berlemak selain tidak bagus untuk kesehatan tubuh juga dapat mengakibatkan kulit berminyak pada wajah, jadi pesannya kurangilah makanan yang mengandung lemak sangat tinggi.

Cara Mengatasi Kulit Wajah Berminyak

Cara Mengatasi Kulit Wajah Berminyak

Dibawah ini merupakan tips dan cara mengatasi kulit wajah berminyak secara alami yang wajib kamu ketahui, agar kamu terhindar dari kulit berminyak pada wajah.

  • Jeruk Nipis

Kandungan vitamin C yang sangat tinggi pada jeruk nipis mampu mengatasi kulit berminyak pada wajah, kamu bisa memanfaatkan jeruk nipis sebagai masker wajah alami yang aman dan tidak menimbulkan efek samping.

Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu menyiapkan 1 buah jeruk nipis lalu potong menjadi 2 bagian. Peras jeruk nipis untuk membuang airnya, gunakan kulitnya untuk dijadikan masker. Tempelkan jeruk nipis tersebut pada wajah secara merata dengan pijatan lembut, tunggu dan diamkan selama 25 menit agar menyerap dan mengering. Lalu blaslah dengan air bersih.

  • Seledri

Daun seledri biasanya digunakan sebagai bahan penyedap masakan ternyata mempunyai khasiat untuk mengatasi minyak berlebih pada kulit wajah. Kamu bisa memanfaatkan daun seledri untuk dijadikan masker wajah alami.

Caranya sangatlah mudah, kamu hanya cukup menyiapkan daun seledri secukupnya lalu tumbuk sampai halus. Rendam dengan air panas selama 30 menit kemudian diamkan selama 30 menit, lalu setelah itu oleskan air seledri tersebut pada wajah secara merata. Tunggu dan diamkan sampai meresap dan mengering, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin dan teratur untuk mendapatkan hasil dari cara mengatasi kulit wajah berminyak secara alami.

  • Apel

Mengkosumsi buah apel sangat baik untuk kesehatan tubuh, namun buah apel juga ternyata mempunyai manfaat untuk mengatasi kulit wajah berminyak. Kamu bisa memanfaatkan buah apel sebagai masker wajah tradisional yang di kombinasikan dengan madu.

Cara membuat masker wajah dari buah apel cukup mudah, kamu hanya perlu menyiapkan 1 buah apel kemudian haluskan. Tambah kan madu secukupnya, lalu aduk sampai menjadi cream. Oleskan pada wajah secara merata, tunggu dan diamkan selama 30 menit agar masker tersebut menyerap dan mengering lalu bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin dan teratur untuk mendapatkan hasil dari cara mengatasi kulit wajah berminyak secara alami.

  • Putih Telur

Putih telur merupakan bahan alami yang mampu menghilangkan komedo pada wajah, namun menggunakan masker wajah dari bahan putih telur juga mempunyai kelebihan mampu mengatasi minyak berlebih pada wajah. Hanya saja kamu harus meluangkan waktu yang tidak sedikit untuk cara mengatasi kulit wajah berminyak dengan bahan alami putih telur.

Siapkan 1 butir telur, lalu pisahkan antara kuning dan putih telur. Kocok hinga berbusa, lalu oleskan secara merata pada wajah. Tunggu dan diamkan selama 30 menit agar menyerap dan mengering, lalu bilas dengan air bersih.

  • Rajin Membersihkan Wajah

Nah terakhir cara mengatasi kulit wajah berminyak adalah dengan rajin membersihkan wajah, setidaknya 2 sampai 3 kali sehari. Dengan membersihkan wajah secara rutin dan teratur akan menghilangkan debu di wajah yang menyumbat pori-pori kulit.

Nah, itulah beberapa tips dan cara mengatasi kulit wajah berminyak secara alami. Kamu tinggal memilih lebih berminat dengan cara yang mana sesuai selera kamu. Semoga artikel di atas bermanfaat untuk semuanya, selamat mencoba dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *