Cara Mencegah Komedo Dengan Kebiasaan Ini

Posted on

Cara Mencegah Komedo – Pernahkah Anda melihat bintik-bintik kecil di wajah terutama daerah hidung? Itu merupakan tanda munculnya komedo, komedo bisa timbul karena adanya penyumbatan pada pori-pori yang disebabkan oleh minyak alami wajah dan kotoran yang menyatu. Mulai sekarang, cobalah lakukan kebiasaan baik ini dengan cara mencegah komedo agar tidak datang kembali.

Cara Mencegah Komedo

Cara Mencegah Komedo Dengan Kebiasaan Baik Ini

Komedo merupakan salah satu jenis jerawat, tetapi bukan reaksi bakteri yang memakan korban di permukaan kulit. Kondisi ini terjadi ketika pori tersumbat dengan kelebihan minyak yang diproduksi oleh kelenjar dibawah kulit dan kulit mati yang masih menempel di kulit, sehingga menyebabkan sumbatan didalam pori-pori.

Terdapat 2 jenis komedo yaitu komedo putih dan hitam. perbedaanya adalah komedo putih kondisi di mana penumpukan minyak kulit berlebih masih tertutupi kulit dan tidak menembus keluar, tetapi sedikit menonjol ke atas permukaan dengan ciri bintik putih pekat di kepalanya akibat pembentukan nanah. Sedangkan komedo hitam terbentuk karena pori tersumbat dalam keadaan terbuka, sehingga menimbulkan minyak yang menumpuk setelah terkena kontak dengan oksigen di udara dan kemudian berubah menghitam. Berikut adalah cara mencegah komedo dengan kebiasaan baik ini.

1. Mencuci Wajah dengan Pembersih yang Lembut

Mencuci wajah merupakan kebiasaan baik yang harus Anda lakukan sebagai cara mencegah komedo datang kembali, Mencuci wajah tidak hanya dengan membersihkan dengan air saja. Anda harus melakukan pembersih wajah tambahan yaitu dengan facial wash dan cleansing oil yang sesuai jenis kulit Anda, sehingga wajah bersih dan terhindar dari debu, kotoran dan make up yang menempel di wajah yang menyebabkan komedo.

Diharuskan untuk menggunakan facial wash yang lembut di wajah, sehingga tidak menyebabkan iritasi. Facial wash yang lembut juga membuat kotoran benar-benar menghilang dari permukaan kulit dan mengeluarkan komedo yang masih menempel pada kulit.

2. Scrub Wajah Secara Teratur

Melakukan eksfoliasi juga penting untuk wajah yang rentan muncul komedo. Ini karena dengan melakukan eksfoliasi, kotoran yang ada di permukaan dan di bawah permukaan kulit akan menghilang, termasuk komedo. Pilih produk scrub wajah dengan butiran yang halus, sehingga wajah tidak mudah iritasi.

Cara menggunakannya adalah dengan gerakan memutar yang lembut, khususnya yang ada di daerah hidung dan dagu. Anda bisa melakukan scrub setidaknya 1 minggu sekali. Jika kulit tipe yang sangat berminyak, scrub bisa dilakukan 2 kali dalam seminggu, sehingga komedo tidak mudah muncul kembali.

3. Pilih Masker Clay untuk Membersihkan Pori

Cara mencegah komedo agar tidak datang kembali, gunakan masker clay karena masker ini dapat menyerap kelebihan minyak dan kotoran yang ada di permukaan kulit wajah. Oleskan masker clay secara merata ke seluruh wajah dan tunggu 15 menit atau sampai 20 menit hingga mengering. 

Cara menghilangkannya yaitu dengan membasahi tangan dengan air hangat dan pijat bagian hidung secara perlahan untuk pelan-pelan menghilangkan masker clay. Setelah dari hidung, pijat pula ke bagian lain wajah untuk menghilangkan masker clayPijatan yang Anda lakukan untuk menghilangkan masker clay akan menarik komedo dan kotoran lainnya dari pori-pori. Gunakan masker clay  1 minggu sekali untuk hasil yang maksimal.

4. Lakukan Penguapan Wajah

 Cara mencegah komedo dengan melakukan penguapan wajah ini agar pori-pori kulit akan terbuka dan komedo lebih mudah dibersihkan. Cara melakukannya kamu bisa menggunakan air mendidih lalu tuangkan ke dalam wadah, dekatkan wajah ke mangkuk dengan jarak sejengkal dan tutupi kepala dengan handuk, sehingga uapnya benar-benar terkena ke wajah Anda.

Lakukan cara ini lima menit setiap dua minggu sekali. Setelah penguapan, kamu bisa langsung mencuci muka dan melakukan perawatan kulit lainnya, seperti memakai masker atau toner. Dengan begitu, produk pembersih wajah dan skincare akan bekerja jauh lebih maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *