Cara Memutihkan Ketiak

Cara Memutihkan Ketiak

Posted on

Cara Memutihkan Ketiak Secara Alami – Tahukah kamu, bagaimana sih cara memutihkan ketiak secara alami? Memiliki ketiak hitam memang bukan suatu masalah yang sangat serius, akan tetapi memiliki masalah kulit ketiak hitam akan mengakibatkan berkurangnya rasa percaya diri bahkan kita akan merasa jengkel. Kulit ketiak yang hitam memang tidak mudah untuk dihilangkan, namun bukan karena sulit berarti tak bisa di hilangkan. Disini saya akan berbagi pengetahuan mengenai cara untuk memutihkan kulit ketiak secara alami.

Penyebab Terjadinya Kulit Ketiak Hitam – Sebelum kita mengetahui cara memutihkan ketiak, alangkah baiknya kita mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Agar kita bisa menjaga dan mencegahnya supaya hitam di kulit ketiak tidak muncul lagi. Ketiak merupakan bagian bawah lengan atas dekat dengan bahu yang tersembunyi yang memiliki sifat kulit sangat sensitif, ada banyak kelenjar dan folikel rambut pada ketiak. Peggunaan deodoran, bahan kimia, krim dan lain-lain akan menyebabkan iritasi dan menimbulkan menghitamnya di area ketiak.

Ada beberapa faktor lainnya yang menyebabkan kulit ketiak menjadi hitam, diantaranya :

  • Infeksi Bakteri

Ada beberapa jenis bakteri yang dapat menyebabkan kulit ketiak menjadi hitam, seperti bakteri orynebacterium Minutissimum yang dapat menyebabkan timbulnya noda berwarna pink yang kemudian akan berubah warna menjadi warna hitam.

  • ┬áSel Kulit Mati

Menumpuknya sel kulit mati pada bagian kulit ketiak dapat menyebabkan warna hitam pada permukaan kulit, apalagi kalau kita sering mencukur bulu/rambut ketiak.

  • Deodoran

Semua orang pasti tahu kalau deodoran merupakan salah catu cara untuk menghilangkan bau badan, namun bahan-bahan kimia yang terdapat dalam deodoran tersebut bisa memicu perubahan warna kulit ketiak atau diskolorasi.

  • Kelainan

Salah satu faktor pemicu menggelapnya kulit ketiak yaitu adanya kelainan dalam tubuh seperti acanthosis nigricans, kondisi ini bisa terjadi pada mereka yang kekurangan insulin pada penderita diabetes dan juga mereka yang memiliki masalah obesitas. Kelainan ini tidak hanya menyerang bagian ketiak, melainkan juga bagian leher, lengan dan bagian tubuh lain yang sering terpapar matahari.

  • Hiperpigmentasi

Produksi pigmen melamin yang berlebihan dipicu oleh sinar matahari atau faktor lainnya seperti hiperpigmentasi atau penggelapan kulit juga bisa menjadi sebab menghitamnya kulit ketiak, masalah yang satu ini disebabkan oleh produksi pigmen melamin yang berlebihan.

  • Terlalu Sering Mencukur

Mencukur rambut pada area ketiak bisa menjadi salah satu faktor kulit ketiak menghitam. Saat mencukur, kamu hanya menghilangkan rambut pada permukaan kulit dan tidak menghilangkan akarnya. Akibatnya, akan ada sisa rambut yang ada dalam kulit akan menyebabkan noda berwarna hitam yang cukup terlihat dengan jelas. Untuk menghindari hal ini sebenarnya kamu bisa menggunakan wax dan bukannya pisau cukur.

Cara Memutihkan Ketiak

Cara Memutihkan Ketiak Secara Alami

Dibawah merupakan tips dan cara memutihkan ketiak secara alami yang wajib kamu ketahui agar ketiak kamu bebas dari noda hitam, diantaranya :

  • Lemon & Baking Soda

Meggunakan lemon dengan di kombinasikan dengan baking soda bisa memutihkan ketiak, kamu bisa memanfaatkan keduah bahan ini untuk dijadikan cream. caranya juga sangat mudah, yaitu :

– Campurkan perasan lemon dengan baking soda 1 sendok.
– Aduk perasan lemon dan baking soda tersebut secara merata dan kemudian ramuan bisa dioles ke bagian ketiak yang bernoda hitam.
– Biarkan selama kurang lebih 15 menit dan jangan lupa gosokkan ketiak sampai butiran campuran lemon dan baking soda terjatuh.
– Gunakan air bersih untuk membilas dan demi hasil yang memuaskan, lakukan secara teratur dalam 1 minggu untuk melihat hasil terbaik.

  • Kentang

Kentang ternyata bukan hanya bagus untuk kesehatan tubuh, tetapi kentang juga memiliki khasiat memutihkan ketiak kamu, caranya :

– Cukup dengan menggunakan parutan untuk menghaluskan kentang dan blenderlah tanpa air.
– Kentang yang sudah dihaluskan bisa kemudian dioleskan ke bagian kulit yang gelap.
– Biarkan sejenak dan pastikan bahwa air kentang telah meresap sempurna ke dalam kulit.
– Lalu bilas dengan air bersih.

  • Minyak Kelapa

Minyak kelapa merupakan bahan yang sudah tidak diragukan lagi dengan kualitasnya di dalam dunia kecantikan, karena minyak kelapa memiliki kandungan vitamin E-nya yang sangat baik untuk kulit. Kamu bisa memanfaatkan minyak kelapa untuk memutihkan ketiak, caranya sangat mudah sekali. Kamu hanya perlu mengoleskan minyak kelapa murni ke bagian ketiak yang bernoda hitam atau gelap, lalu berikan pijatan lembut merata. Biarkan beberapa menit saja agar minyak bisa meresap. Bagi Anda yang mencari cara memutihkan ketiak dan selangkangan, minyak kelapa boleh dicoba.

  • Bengkoang

Buah Bengkoang dikenal sebagai bahan perawatan kecantikan untuk membuat kulit wajah lebih putih, namun rupanya kegunaan bengkoang diyakini dapat menjadikan kulit ketiak bersih dan putih juga. Caranya sangatlah mudah:

– Kamu hanya perlu menyiapkan 1 buah bengkoang dan memarutnya secukupnya.
– Hasil parutan tersebut dapat kemudian dioleskan ke kulit ketiak yang terdapat noda hitamnya.
– Biarkan sekitar 10 menit sebelum dibilas dan untuk mendapatkan hasil maksimal, coba lakukan cara memutihkan ketiak dengan cepat ini secara rutin.

Nah itu lah beberapa tips dan cara memutihkan ketiak secara alami yang bisa kamu coba praktekkan sendiri dirumah, semoga artikel ini bermanfaat. Selamat mencoba dan terima kasih…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *