Cacar air

Posted on

Apa itu cacar air? yaitu penyakit kulit yang terjadi akibat infeksi virus varicella yang menyebabkan timbulnya bintik-bintik diseluruh tubuh dan wajah. Infeksi ini juga dapat terjadi pada selaput lendir seperti pada mulut.

Penyakit ini dapat menular ke orang yang belum pernah terkena atau belum pernah mendapatkan vaksin cacar air. Virus biasanya menyerang dimasa anak-anak. Akan tetapi, tak menutup kemungkinan seseorang baru terkena penyakit ini diusia dewasa.

Cacar air dapat berkembang menjadi penyakit yang disebut herpes zoster, dan efeknya anda akan merasakan nyeri dan menyebabkan komplikasi berat,

Penyebab, gejala, dan pengobatan cacar air

cacar air

Cacar air adalah penyakit menular yang dapat terjadi pada semua usia, namun anak-anak 15 tahun lah yang sering terserang. Orang yang sedang dalam keadaan lemah atau sistem imunnya yang lemah beresiko tinggi terkena penyakit ini seperti bayi, ibu hamil, dan orang tua.

Biasanya, penyakit ini hanya mucul sekali seumur hidup. Sangat sedikit orang yang mengalami penyakit ini dua kali dalam hidupnya.

Penyebab

Cacar air ini dapat terjadi akibat virus varicalla zoster. Virus ini dapat berpindah ke orang lain dimulai duahari sebelum bintik-bintik muncul, hingga bintik tersebut kering.

Virus ini dapat menyebar melalui liur, batuk, bersin atau kontak dengan cairan yang terdapat pada bintik cacar. Orang yang belum pernah mengalami penyakit ini lebih beresiko terkena cacar air. Namun, resiko dapat meningkat pada saat:

  • Melakukan kontak dengan penderita
  • Anak berusia 12 tahun
  • Perokok
  • Wanita hamil
  • Orang yang belum melakukan vaksin cacar aor
  • Kekebalan tubuh yang lemah

Gejala

Seseorang yang terkena virus Varicella akan merasakan gejalanya setelah 7 sampai 21 hari kemudian. Biasanya diawali dengan ruam, setelah itu ruam akan berubah menjadi benjolan kecil yang berisi cairan yang akan mengering membentuk keropeng dalam 5-10 hari.

Biasanya, orang yang terkena virus awalnya akan mengalami demam, kehilangan selera makan, sakit kepala, kelelahan dan perasaan tidak enak badan.

Dan setelah hal diatas terjadi, timbulah benjolan berwarna merah selama beberapa hari. Dilanjutkan dengan munculnya benjolan kecil berisi cairan yang terbentuk sekitar satu hari sebelum pecah. Dan pada akhirnya cacar akan sembuh dengan ditandai terdapatnya keropeng yang menutupi benjolan.

Perlu anda ketahui, sebenarnya kesembuhan terhadap penyakit ini tidak bisa dikatakan sembuh total. Karena virus masih bersembunyi dan menunggu waktu yang tepat untuk bangkit kembali. Virus akan bangkit menyerang tubuh yaitu pada saat kita sedang dalam kondisi sistem imun kita melemah.

Pengobatan

Dokter akan mendiagnosis dengan hanya melihat bintik-bintik, karena bintik cacar air berbeda degnan yang lainya. Nmaun baiasanya jika ada keraguan, dokter akan mengeceknya dengan melakukan tes darah atau tes kultur

Pada dasarnya penyakit ini dapat sembuh dengan sendirinya, meskipun begitu gejalanya sangat mengganggu. Maka anda hanya perlu melakukan pengobatan untuk meredakan gejalanya saja. Seperti obat antivirus, pereda rasa nyeri, dan yang paling penting ialah menggunakan vaksinasi

Itulah ulasan tentang cacar air yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *