Bunga kenanga untuk kecantikan

Posted on

Bunga kenanga untuk kecantikan – Bunga kenanga untuk dapat tumbuh subur pada daerah yang ketinggiannya mencapai 1200 meter dari permukaan laut. Tanaman ini diduga berasal dari asia tenggara termasuk di Indonesia. Bunga ini memiliki nama latin Cananga Odorata. Memiliki 2 kelompok utama kenanga yang dibubidayakan, yaitu Cananga (forma marcophylla Steeins) dan Ylang-ylang (forma genuina Steeins).

Cananga memiliki cabang yang tegak lurus, sedangkan Ylang-ylang memiliki cabang yang terkulai dan daun lebih kecil. Tumbuhan ini bisa tumbuh dengan cepat dan memiliki tinggi rata-rata 12 meter.

Manfaat bunga kenanga untuk kecantikan

Bunga kenanga untuk kecantikan

Bunga kenanga memiliki kandungan zat kimoa yang dapat mengobati beberapa penyakit. Kandungan tersebut yaitu Flavonoid, Saponin, dan Minyak Atsiri. Kandungan minyak atsirinya memiliki bau yang khas mengandung beberapa komponen penting yang dapat digunakan sebagai insektisida alami. Komponen tersebut antara lain eugenol, farnesol, asam benzoat, geraniol, safrol, eugenol, kadinen, bensin asetat, linalool, dan pinen.

Dengan kandungan diatas, bunga ini dapat berguna untuk mengobati pusing, demam, mual-mual, sakit kepala, nyeri otot, nyeri sendi, dan dapat meringankan haid. Namun selain dapat berguna untuk kesehatan, ternyata bunga kenanga ini memiliki manfaat untuk kecantikan. Berikut manfaat bunga kenanga untuk kecantikan:

Mengatasi kulit kering

Didalam bunga kenanga ini mengandung senyawa alami seperti asam benzoat, geraniol, fernesol dan minyak atsiri. Kandungan tersebut sangat baik untuk menyeimbangkan kadar minyak pada wajah. Biasanya bunga ini dalam produk kecantikan digunakan sebagai bahan pembuatan sabun. Nah, selain itu bunga ini juga dapat melembabkan kulit kering, maka dari itu cobalah untuk menggnakan sabun dengan ekstrak bunga kenanga.

Menghilangkan bau badan

Jika bau badan tercium oleh orang sekitar, tentunya kita akan merasa sangat malu. Ternyata bunga kenanga bisa menjadi solusi untuk mengurangi bau badan. Cara memanfaatkannya juga sangat mudah, campur bunga kenanga sebanyak 15 gram dengan gula batu secukupnya dalam 600 cc air bersih. Rebus ramuan tersebut hingga airnya menguap dan tersisa setengahnya. Setelah siap, Minumlah air tersebut secara rutin setiap hari agar bau badan berkurang dan berangsur hilang.

Bahan lulur

Bunga kenanga ini sudah sejak lama sering digunakan oleh orang bangsawan sebagai bahan untuk perawatan tubuh, misalnya digunakan untuk luluran atau sebagai masker. Untuk menggunakannya, mereka memanfaatkan minyak yang terdapat dalam kembang kenanga. Hal itu dilakukan utuk membantu mendapatkan kulit maupun wajah yang halus dan lembut.

Mengatasi jerawat

Jerawat memanglah masalah kulit yang sepele namun tidak bisa disepelekan, karena dapat mengganggu penampilan kita. Bahkan setelah hilang dan meninggalkan bekas noda, jerawat masih mengganggu penampilan kita. Minyak bunga kenanga mengandung zat yang bersifat antiseptik. Dengan begitu bunga ini dapat membasmi bakteri yang menyebabkan jerawat, serta membersihkan kotoran yang mendukung timbulnya jerawat.

Bagi yang Belum tahu, ekstrak bunga ini mulai dari minyak, hingga bagian lainnya sudah banyak dijual di berbagai toko kecantikan.

Itu saja yang bisa kita sampaikan tentang Manfaat bunga kenanga untuk kecantikan, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *