Berpuasa dapat Menyehatkan Tubuh kita secara Bertahap

Posted on

Ibadah puasa dibulan ramadhan sangat menguntungkan bagi kesehatan tubuh kita. Ini dikarenakan saat berpuasa kita membatasi makan, Karena semua makanan belum tentu baik untuk tubuh kita. Dengan berpuasa kita dapat meminimalisir makanan yang tidak baik untuk tubuh kita. Mari kita simak ulasan tentang Berpuasa yang dapat menyehatkan tubuh.

Alasan Berpuasa dapat Menyehatkan Tubuh

Berpuasa dapat Menyehatkan Tubuh kita secara Bertahap

Secara psikis, puasa dapat menanggulangi stres dan depresi untuk beberapa orang karena mereka belajar untuk mengendalikan diri.

Setelah beberapa hari berpuasa tubuh akan mengalami peningkatan endorfin dalam darah yang memberikan perasaan sehat secara mental.

Memperbaiki kondisi medis

Puasa diawali dengan sahur dan diakhiri dengan berbuka. Apabila kita mengkosumsi makanan yang sehat dan bergizi tinggi di saat waktu makan tiba, dapat memperbaiki beberapa kondisi medis.

Konsisi medis tersebut meliputi radang sendi, randang usus besat, dan penyakit kulit seperti eksim yang telah saya bahas dalam Alasan Berpuasa dapat Mempengaruhi Kecantikan.

Menyehatkan jantung

Sebuah penelitian yang menunjukan orang yang berpuasa dalam sebulan sekali memiliki resiko 58 persen lebih rendahterkena penyakit jantung, Dibandingkan orang yang tidak menjalankan puasa.

Ada juga sebuah penelitian yang membuktikan bahwa berpuasa dapat mengurangi resistensi insulin yang memicu diabetes. Meski begitu, hal ini masih diperlukan penelitian lebih menyeluruh.

Sahur dan buka puasa dengan memakan makanan sehat dapat membantu dalam menyehatkan jantung.

Mengurangi resiko kanker

Selama berpuasa, Laju pembelahan sel dalam tubuh akan berkurang seiring faktor pertumbuhan yang menurun akibat terbatasnya asupan.

Meskipun perlu diteliti lebih dalam untuk membuktilan bahwa hal ini mampu mengurangi resiko kanker.

Namun, Diperlukan penelitian lebih labjut untuk mengetahui apakah kondisi tersebut berlaku pada manusia.

Menjaga berat badan

Melakukan puasa untuk menurunkan berat badan mungkin terasa percuma bila yang berpuasa suah payah menahan rasa lapar dan pada saat buka orang itu makan lebih dari normal.

Banyak orang dimana mereka berpuasa dan pada saat waktu berbuka tiba, orang tersebut merasa harus balas dendam kelaparannya denganmakanan porsi besar.

Hal itu sangat tidak dianjurkan oleh para ahli, Bahkan Rosul juga menjelaskan bahwa berhenti makan sebelum kenyang.

Hal yang harus diperhatikan

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menjalankan puasa. Contohnya saat anda berpuasa tanpa sahur. Hal itu tidak baik karena dapat membuat tubuh lemas, sedangkan banyak aktifitas yang harus anda kerjakan. Hal itu dapat menyebabkan orang mudah terkena penyakit.

Ada juga hal yang beresiko untuk menjalankan puasa seperti berikut:

  • Memiliki tekanan darah rendah atau hipotensi
  • Kurang darah atau anemia
  • Diabetes
  • Gangguan makan
  • Memiliki masalah ginjal atau hati
  • Mengalami gangguan fungsi sistem kekebalan tubuh
  • Sedang menjalani pengobatan misalnya kemoterapi
  • Wanita hamil
  • Ibu menyusui
  • Pernah mengalami gangguan ritme jantung.

Itulah sedikitnya ulasan tentang Berpuasa dapat Menyehatkan Tubuh kita secara Bertahap, semoga dengan membaca ini kita dapat setidaknya sedikit ilmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *