Belimbing wuluh untuk kesehatan tubuh

Posted on

Belimbing wuluh untuk kesehatan tubuh – Belimbing wuluh merupakan belimbing sayur yang digunakan untuk menambah rasa khas pada sayur. Jenis belimbing ini berbeda dengan jenis belimbing pada umumnya, belimbing wuluh memiliki bentuk kecil dan lonjong.

Buah belimbing wuluh memiliki nama latin Averrhoa bilimbi dan rasanya asam ketika dimakan, karena terdapat kandungan asam oksalat yang tinggi. Belimbing wuluh dapat dikonsumsi secara langsung, namun kebanyakan di makan setelah menjadi olahan sayur.

Manfaat Belimbing wuluh untuk kesehatan tubuh

Belimbing wuluh untuk kesehatan tubuh

Selain digunakan sebagai bahan sayur, belimbing wuluh juga sering digunakan sebagai campuran bahan obat herbal. Karena buah ini terbukti memiliki manfaat yang baik untuk merawat kesehatan tubuh.

Apasaja kah manfaat tersebut? Berikut manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan tubuh.

Mengatasi diabetes

Belimbing wuluh dipercaya dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Untuk mendapatkan manfaatnya, anda bisa mengolahnya menjadi sayur atau jus, anda juga bisa memakannya secara langsung. Anda dapat menggunakan belimbing wuluh untuk dijadikan jus dan meminumnya. Jika anda tidak kuat dengan rasanya yang asam, anda dapat merebus buah belimbing wuluh ini dan meminum air rebusan tersebut setelah dingin.

Meringankan demam dan flu

Selain digunakan untuk mengatasi diabetes, rebusan air belimbing ini juga sudah sejak lama digunakan untuk meringankan demam dan flu. Kandungan vitamin C yang terkandung dalam belimbing wuluh ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Selain pada bagian buahnya, bunga belimbing wuluh juga memiliki manfaat yaitu dapat meringankan batuk hanya dengan menghirupnya.

Mengobati alergi

Alergi adalah sebuah reaksi sistem kekebalan tubuh manusia terhadap benda, objek atau zat tertentu. Biasanya yang menyebabkan alergi bisa dari makanan, obat-obatan, gas/aroma, jenis hewan tertentu, zat kimia, dan zat lainnya. Gejala yang terjadi dapat berupa kulit gatal-gatal, gangguan pernafasan, flu, dll. Dengan meminum jus belimbing wuluh, gejala yang muncul tidak akan parah, dan ada kemungkinan sembuh dari alergi terhadap benda tertentu.

Mengontrol tekanan darah tinggi

Hipertensu atau tekanan darah tinggi adalah sebuah kondisi kesehatan yang berkaitan dengan meningkatnya tekanan darah di arteri. Dalam hal ini belimbing wuluh diyakini dapat mengatasinya, karena seringkali digunakan pada obat untuk menurunkan tekanan darah yang tinggi. Cara memanfaatkannya cukup dengan merebus belimbing wuluh dengan 3 gelas air hingga mendidih dan biarkan hingga dingin. Setelah dingin, anda dapat meminumnya setiap pagi hari.

Meredakan nyeri otot

Jika anda mengalami nyeri otot, anda dapat menggunakan daun belimbing wuluh sebagai solusinya. Cukup dengan menumbuk beberapa lembar daun hingga halus, dan tempelkan pada otot yang terasa nyeri. Meski tidak bekerja seperti halnya obat yang langsung berefek, ramuan ini dapat meredakan nyeri otot secara perlahan tanpa efek samping yang mengancam anda.

Mengobati gatal akibat serangga

Jika anda tergigit serangga atau terkena serangan serangga yang mengakibatkan rasa gatal, dengan belimbing ini anda dapat mengatasinya. Yaitu dengan menggunakan bagian daunnya, dan ini merupakan obat kuno yang sudah digunakan sejak lama. Cukup dengan menumbuk daunnya hingga halus dan menempelkannya pada kulit yang bermasalah. Selain itu, cara ini juga dapat menyembuhkan gigitan serangga yang menimbulkan bengkak.

Itulah Manfaat Belimbing wuluh untuk kesehatan tubuh, semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *