Belimbing wuluh untuk kecantikan kulit wajah

Posted on

Belimbing wuluh untuk kecantikan kulit wajah – Belimbing wuluh berbeda dengan buah belimbing yang sering kita kenal memiliki rasa manis sedikit asam. Jenis belimbing ini digunakan untuk menambah cita rasa pada masakan. Selain dapat menambah cita rasa pada makanan, belimbing wuluh ini memiliki manfaat yang banyak dan tergolong kedalam tumbuhan obat.

Hal tersebut didukung dengan kandungan nutrisi didalamnya yang banyak untuk menjaga kesehatan tubuh. Kandungan tersebut yaitu vitamin A, vitamin C, vitamin B1 dan mineral, fosfor, zat besi, potasium, kalsium, serat, karbohidrat, fosfor, Dll.

Manfaat belimbing wuluh untuk kecantikan wajah

Belimbing wuluh untuk kecantikan kulit wajah

Selain dapat menjaga kesehatan, kandungan seperti flavonoid, saponin, glukosid, tanin, sulfur, oksalat dan kalium sitrat, dapat merawat kecantikan wajah anda.

Berikut manfaat belimbing wuluh untuk kecantikan kulit wajah:

Mengecilkan Pori-Pori

Belimbing wuluh dapat mengecilkan pori-pori kulit. Ini sangat berguna untuk kecantikan, karena kulit dengan pori pori yang besar sangat rentan timbul jerawat atau komedo yang mengganggu penampilan. Namun, dengan menggunakan belimbing wuluh, pori pori akan mengecil dan kotoran akan terangkat sehingga kulit selalu tampak lebih bersih. Caranya cukup dengan menggosokkan potongan buah ini ke wajah anda dan bilas dengan air bersih.

Menghambat Proses Penuaan

Dengan kandungan yang melimpah dan berguna untuk kesehatan serta kecantikan kulit, terdapat juga kandungan untuk menghambat proses penuaan. Kandungan belimbing wuluh yang berperan dalam hal ini ialah vitamin A dan C yang berperan sebagai antioksidan. Antioksidan dapat menangkal radikal bebas yang merupakan salah satu faktor terjadinya penuaan. Selain itu, kandugan vitamin dan mineralnya dapat menguragi kerutan dan garis halus. Hal ini melengkapi penampilan muda wajah anda.

Mengatasi Panu

Panu merupakan gangguan kulit yang memberikan rasa gatal yang mengganggu dan warna keputihan. Kondisi kulit ini dapat membuat orang tidak percaya diri, karena memiliki panu dianggap sebagai orang yang malas merawat kebersihan dirinya. Padahal panu dapat muncul oleh faktor lain seperti dibawah ini.

  • Cuaca panas dan lembap
  • Keringat berlebih
  • Kulit berminyak
  • Sistem imun yang melemah
  • Perubahan hormon

Untuk mengatasinya, anda dapat menggunakan belimbing wuluh. Karena, buah ini mengandung anti-jamur yang dapat mencegah pertumbuhan Malassezia  yang merupakan jamur penyebab panu.

Mengatasi Jerawat

Jerawat merupakan masalah pada kulit yang terbilang sepele. Namun jika kita mendadak ada acara dalam waktu dekat, jerawat yang merupakan hal sepele menjadi serius dan harus dihilangkan. Anda dapat menghilangkan jerawat dengan singkat menggunakan belimbing wuluh ini. Selain itu, belimbing wuluh mengandung antioksidan yang dapat menyamarkan noda bekas jerawat. Kandungan antibakteri pada belimbing wuluh juga memiliki peran untuk mencegah jerawat mucul kembali.

Memutihkan Kulit Wajah

Kandungan antioksidan, vitamin A dan C, dapat membuat kulit menjadi putih. Dan kandungan tersebut bisa anda dapatkan pada belimbing wuluh yang tentunya dapat memutihkan kulit. Selain untuk memutihkan kulit, kandungan tersebut juga dapat berguna untuk kecantikan lainnya, seperti menjaga tekstur kulit, mencegah jerawat, dan lain sebagainya.

Mengurangi Minyak Berlebih

Kulit wajah berminyak sangat rentan terhadap jerawat, karena produksi minyak berlebih dapat membuat pori-pori wajah membesar. Ini memudahkan kotoran mennyumbat pori-pori dan akhirnya timbul jerawat. Namun dengan belimbing wuluh ini, dapat mengurangi produksi minyak berlebih karena mengandung Vitamin C. Selain itu, belimbing wuluh juga dapat mengecilkan pori-pori.

Itulah manfaat Belimbing wuluh untuk kecantikan yang bisa anda coba di rumah, namun untuk kulit sensitif sebaiknya jangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *