Bahaya Sodium Lauryl Sulfate (SLS) yang terkandung dalam kosmetik

Posted on

Bahaya Sodium Lauryl Sulfate (SLS) yang terkandung dalam kosmetik – Sodium Lauryl Sulfate adalah bahan kimia yang bisa melepaskan molekul-molekul yang dilewatinya. Inilah yang membuatnya sering digunakan dalam produk pembersih, karena dapat melepas molekul dalam kulit, sehingga proses pembersihan kulit lebih efektif. SLS juga mungkin terdapat pada kosmetik yang biasa kalian gunakan.

Bahaya kandungan Sodium Lauryl Sulfate pada kosmetik

SLS adalah surfaktan, detergen dan emulsifier yang digunakan dalam beragai macam produk kosmetik dan juga pembersih. Sodium Lauryl Sulfate banyak terkandung dihampir semua produk shampo, perawatan kulit kepala, pewarna rambut, dan produk pemutih seperti pasta gigi, pencuci, dll. Meskipun zat ini didapat dari kelapa, bahan kimia ini tidaklah aman seperti bahan alami lainnya.

Banyak orang yang tidak menyadari SLS terkandung dalam produk yang ia gunakan, selain itu juga kandungan SLS terdapat pada produk yang kita perlukan. Untuk itu, diwaktu yang akan datang sebaiknya periksa kandungan produk yang dibeli dan pastikan tidak mengandung SLS. Kita menghindari zat ini dikarenakan oleh sebuah studi yang menilai zat ini menemukan bahwa zat ini tidak berbahaya jika digunakan secara singkat atau segera dibilas, misalnya penggunaan sabun atau shampo. Dan untuk penggunaannya yang lama dikulit, Konsentrasinya tidak boleh lebih dari 1%.

Namun ada juga hasil yang menunjukkan penggunaan SLS pada manusia dapat menyebabkan beberapa kemungkinan. Misalnya sebuah studi yang mereka ulas menemukan bahwa paparan kandungan SLS pada kulit yang berkelanjutan dapat menyebabkan iritasi ringan hingga sedang. SLS juga dapat memberikan dampak yang sama pada ibu hamil dan janin jika terlalu banyak terpapar SLS.

Apakah dapat menyebabkan kanker?

Bahaya Sodium Lauryl Sulfate (SLS) yang terkandung dalam kosmetik

Menurun kebanyakan penelitian, SLS tidak bersifat karsiniden dan hanya bersifat iritan. Penelitian menunjukkan tidak ada hubungan antara SLS dengan pengingkatan resiko kanker. Meskipun hanya bersifat iritan, kandungan SLS pada kulit tetaplah dapat mengganggu.

Untuk itu, lebih baik kita hindari saja penggunaan SLS pada kulit. Karena kemungkinan masih ada resiko resiko lain yang akan menyerang tubuh anda. Seperti ada yang mengatakan bahwa SLS menembnuh saringan dan organ tubuh seperti mata, otak jantung dan hati melalui kulit. Ada juga yang menyatakan bahwa SLS membantu tubuh menyerap bahan kimia berbahaya. Meski begitualahngkah baiknya kita untuk tidak menggunakan produk berbahan SLS secara lama atau berlebihan.

Itu saja bahaya Sodium Lauryl Sulfate (SLS) yang terkandung dalam kosmetik, semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *