Bahaya Phthalates pada kosmetik yang mengancam kesehatan anda

Posted on

Bahaya Phthalates pada kosmetik yang mengancam kesehatan anda – Kosmetik takkan terlepas dari Bahan kimia didalamnya. Bahan kimia didalam kosmetik memiliki fungsinya masing masing dalam merias wajah seorang perempuan. Banyak kandungan bahan kimia didalamnya salah satunya ialah Phtalates.

Bahaya kandungan phthalates pada kosmetik

Bahaya Phthalates pada kosmetik yang mengancam kesehatan anda

Phthalate merupakan salah satu bahan kimia yang biasa terdapat pada kosmetik yang tentunya harus kita hindari. Bahan kimia ini dapat ditemukan dihampir setiap produk perawatan tubuh yang mengandung pewangi, seperti parfum, hair spray, deodorant, shampo, lotion tubuh, dan cat kuku. Phthalate dikenalkan pertama kali Sekitar tahun 1920. Dalam formula kosmetik, phthalate yang menjadi perhatian ialah diethyl phthalate (DEP). Cairan yang tidak memiliki aroma ini dikenal karena cairan ini merupakan pelarut yang baik dan murah untuk parfum. Terbukti cairan ini membantu melarutkan minyak wangi yang mahal dalam semprotan parfum, krim mandi, dll.

Bahan kimia Phthalate seringkali digunakan dalam berbagai produk dan karena itu konsumen telah banyak diteliti. Dan menurut peneliti, Phthalate ini berbahaya.

Apa bahaya Phthalates pada kosmetik jika kita gunakan?

Bahan kimia ini dikaitkan dengan berbagai gangguan endokrin, toksisitas perkembangan janin dan sistem reproduksi, juga kanker. Di Eropa, senyawa kimia ini dilarang dimasukkan kedalam kosmetik, namun produk AS masih menggunakannya.

Para pakar kesehatan mengkhawatirkan efeksamping dari penggunaan Bahan kimia ini pada kosmetik yang dapat memicu Diabetes. Sebenarnya, tingginya atau seberapa manisnya aroma phthalates, phthalates Bukan lah penyebab utama dari diabetes. Faktor-faktor kuat yang menyebabkan diabetes adalah genetik dan faktor gaya hidup

Tidak semua kosmetik mengandung Phtalate

Dengan informasi tentang bahaya kosmetik yang mengandung phtalate, seharusnya tidak membuat anda berhenti untuk selalu tampil cantik. Ini bertujuan untuk membuat anda lebih hati hati lagi dalam memilih kosmetik yang aman untuk digunakan. Karena, Seiring berjalannya waktu, banyak produsen kosmetik yang menggunakan bahan alami yang aman tanpa menggunakan bahan kimia yang berbahaya.

Bukan hanya pada produk kosmetik, phthalates juga bisa terdapat pada berbagai jenis produk

Selain pada produk kosmetik, Phthalates juga bisa ditemukan pada berbagai jenis produk. Seperti Pada mainan, elektronik, produk rumah tangga dll. Ada banyak Phthalates yang umum tertera pada kemasan produk, yaitu:

  • DBP (dibutyl phthalateshalate)
  • DNOP (di-n-octyl phthalateshalate)
  • DiNP (diisononyl phthalateshalate)
  • DEP (diethyl phthalateshalate)
  • BBzP (benzyl butyl phthalateshalate)
  • DEHP (di 2-ethylhexl phthalateshalate)
  • DiDP (diisodecyl phthalateshalate)
  • DnHP (di-n-hexyl phthalateshalate)
  • DMP (dimethyl phthalateshalate)
  • DnOP (di-n-octylphthalateshalate)
  • Bisphenol A (BPA)

Orang-orang memiliki kemungkinan untuk menyerap phthalates kedalam tubuh. Anak-anak memiliki resiko lebih tinggi karena prilaku mereka yang memasukkan tangan ke mulut atau bermain di lantai.

Orang akan terekspos zat ini dengan cara melalui penyerapan dan proses pencernaan. Pada proses penyerapan, tentunya parfum, lotion, cat kuku, hair spray, dan bedak yang merupakan penyebabnya. Ini karena phthalates diserap oleh tubuh melalui kulit dan aliran darah. Dan yang melalui pencernaan, anak atau bayi lah yang mudah mengalaminya. Karena kebiasaan anak yang menghisap benda yang mengandung plasticizer seperti teeter, atau setelah memegangnya dan menghisap tangan.

Itu saja yang bisa saya bagikan untuk Bahaya Phthalates pada kosmetik yang mengancam kesehatan anda, Semoga anda lebih berhati hati lagi dalam memilih sebuah produk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *