Bahaya paraben pada kosmetik yang mengancam kesehatan anda

Posted on

Bahaya paraben pada kosmetik – Kosmetik di buat dengan beberapa bahan kimia yang tentunya berbahaya bagi kita. Kurang lebih terkandung 35 jenis bahan kimia pada kosmetik, salah satunya yaitu paraben. Paraben adalah pengawet yang sering digunakan dalam produk perawatan tubuh yang berguna untuk mencegah pertumbuhan jamur, bakteri, dan mikroba lainnya pada krim dan kosmetik, terutama ditempat yang lembab seperti kamar mandi.

Bahaya paraben pada produk kosmetik

Bahaya paraben pada kosmetik yang mengancam anda

Penggunaan dalam takaran yang tinggi atau jangka waktu pemakaian yang lama, dapat memperburuk kondisi kesehatan. Biasanya produk yang memiliki paraben ialah yang dalam komposisinya memiliki nama akhiran paraben, seperti ethylparaben, butylparaben, methylparaben, propylparaben, isobutylparaben, isopropylparaben, dll. Seperti apakah bahaya paraben? Berikut adalah bahaya paraben pada kosmetik

Mengganggu kesuburan

Propylparaben dan Butylparaben dapat mengurangi produksi sperma dan menurunkan tingkat testosteron. Sedangkan, Methylparaben dan ethylparaben tidak mempengaruhi produksi sperma. Efek tersebut akan muncul tergantung dengan dosis yang digunakan. Sebuah penelitian menemukan bahwa paparan butylparaben pada wanita hamil dan menyusui akan mengubah perkembagan organ reproduksi dan produksi sperma.

Gangguan endokrin

Paraben mampu mengganggu endokrin karena memiliki kemampuan yang dapat meniru estrogen. Dalam studi sel, paraben mengikat lemah reseptor estrogen. Pada studi lain, paraben ditemukan pada kanker payudara. Butylparaben, Isobutylparaben, dan propylparaben, memiliki aktivitas estrogenik terkuat diantara yang banyak digunakan dalam produk perawatan tubuh. Sebuah study memaparkan bahwa isobutylparaben yang di berikan pada tikus menunjukan peningkatan berat badan, rahim dan kepekaan uterus ke estrogen pada keturunannya. Etylparaben menunjukan tingkat yang rendah pada aktivitas estrogenik dan methylparabennya hampir tidak ada aktivitas estrogen sama sekali.

Menyebabkan kanker kulit

Penggunaan produk kecantikan yang mengandung paraben terutama methylparaben yang dapat mengakibatkan kerusakan sel-sel kulit dan gangguan proliferasi sel. Jika produk tersebut digunakan dalam kehidupan sehari-hari, konsentrasi methylparaben dapat meningkat, karena methylparaben sulit untuk diolah oleh tubuh. Disaat paraben dikombinasikan dengan bahan kimia estrogenik lainnya dapat mempengaruhi perkembangan melanoma ganas, Melalui aktivitas estrogenik dan genotoksik.

Bagaimana cara menghindari produk kosmetik berparaben?

Untuk itu, sebaiknya kita mengurangi atau menghindari produk yang mengandung paraben. Seperi yang dijelaskan diatas, anda dapat menghindari produk berparaben dengan cara menghindari produk yang memiliki komposisi yang berakhiran paraben. Berikut adalah contohnya:

  • Methylparaben
  • Ethylparaben
  • Propylparaben
  • Butylparaben
  • Isopropylparaben
  • Isobutylparaben

Dengan produk yang tidak mengandung bahan diatas, bisa dipastikan anda tidak menggunakan produk kosmetik berparaben. Perlu diingatkan juga, bahan kimia ini bisa saja terkandung pada produk lain disekitar kita, seperti cat rumah, rokok, lotion anak, dll.

Itulah Bahaya paraben pada kosmetik, dengan artikel ini kita bisa tahu apa bahaya paraben dan bagaimana cara kita untuk menghindarinya, Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *