Bahaya Hydroquinone

Posted on

Bahaya Hydroquinone – Hydroquinone adalah “obat yang digunakan untuk mengatasi hiperpigmentasi pada kulit”. Hiperpigmentasi adalah penggelapan bagian-bagian kulit yang biasanya terdapat pada bekas jerawat, bekas luka, atau flek hitam Karena paparan sinar matahari. Hiperpigmentasi juga bisa dapat terjadi karena pengaruh hormon.

inilah manfaat dan Bahaya Hydroquinone

Pahami manfaat dan Bahaya Hydroquinone sebelum memakai

Hydroquinone tidak boleh digunakan sebagai pemutih kulit. Karena penggunaan jangka panjang akan mengakibatkan iritasi, rasa kesemutan, panas, dan kering pada kulit. Hingga kulit akan menghitam secara permanen. Ini biasanya terlihat dalam jangka waktu 6 bulan.

Namun selama dosis dan cara penggunaan nya sesuai dengan yang dikatakan dokter, obat ini aman untuk menghilangkan flek hitam, bekas jerawat, bekas jerawat.

Cara menggunakan Hydroquinone dengan Benar

Gunakan Hydroquinone sesuai anjuran dokter atau keterangan pada kemasan agar manfaat Hydroquinone bisa didapat. obat ini hanya digunakan untuk obat luar saja. hindari penggunaa pada kulit sensitif seperti kulit dekat mata, hidung dan mulut, serta pada kulit yang mengalami iritasi atau lecet. Segera lah siram bila terkena daerah tersebut dengan air dan sabun hingga bersih.

Pertama kita cuci tangan, Bersihkan dan keringkan daerah kulit yang ingin diolesi hydroquinon. Oleskan hydroquinon secukupnya pada daerah kulit yang gelap dan ratakan. Jangan menutup daerah yang diolesi obat tersebut dengan perban atau makeup kecuali disarankan dokter.

Setelah menggunakan obat kulit akan sensitif bila terkena matahari. Disarankan memakai baju yang agak tebal dan tabir surya yang mengandung sun protection factor (SPF) 30 atau lebih tinggi, sewaktu berada di luar ruangan.

Begitu juga dengan penyimpanan obat nya, jauhkan dari tempat yang terkena sinar matahari dan jauhkan dari jangkauan anak-anak.

Interaksi Obat

Pemakaian hydroquinone bersama dengan benzoyl peroxide, dapat menimbulkan noda pada kulit. Noda ini biasanya dapat dengan mudah dihilangkan dengan air bersih dan sabun.

sebaiknya beritahu dokter produk kecantikan yang biasa anda gunakan pada dokter. Karena ditakutkan interaksi Hydroquinone dengan produk kecantikan anda menimbulkan hal yang tidak diinginkan.

beberapa hal yang perlu di perhatikan

  • Wanita hamil, menyusui, atau sedang merencanakan kehamilan disarankan berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum menggunakan hydroquinone.
  • bahaya hydroquinone jika diberikan pada anak berusia di bawah 12 tahun.
  • Hydroquinone tidak boleh diberikan pada pasien yang mengalami kulit sensitif, kulit terbakar karena sinar matahari, atau sedang menggunakan obat penghilang rambut (hair removal).
  • Hindari paparan sinar matahari saat menggunakan hydroquinone.
  • Harap berhati-hati bagi penderita asma, gangguan hati, gangguan ginjal, dan penyakit kulit, seperti eksim atau psoriasis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *