Bahaya formaldehid pada kosmetik

Posted on

Bahaya formaldehid pada kosmetik – Kebanyakan dari anda pastinya tahu dengan yang namanya formalin, terutama dampak buruk yang akan diberikannya. Ada juga orang yang sebelumnya tidak tahu tentang formalin dan setelah ada kabar berBahaya formaldehid pada kosmetikita tentang makanan yang menggunakan bahan kimia ini. Formalin merupakan salah satu bentuk dari formaldehid yang tentunya berbahaya bagi kesehatan tubuh. Kandungan formaldehid dapat ditemukan diberbagai macam produk salah satunya kosmetik

Seberapa bahaya kah formaldehid pada kosmetik?

Bahaya formaldehid pada kosmetik

Formaldehid atau formalin adalah bahan komia yang larut dalam air dan sangat cepat diproses oleh tubuh. Tidak sengaja tertelan atau menghirupnya dalam jumlah takaran yang kecil juga dapat diserap melalui kulit. Berikut bahaya formalin atau formaldehid yang terkandung pada kosmetik.

Gatal-gatal

Ketika anda menggunakan makeup yang mengandung kandungan ini, kemungkinan kulit anda akan mengalami gatal-gatal karena iritasi dan juga sensasi terbakar pada kulit. Jika digunakan pada kulit yang sensitif ini sangat berbahaya dan membuat anda tersiksa oleh gejala yang akan muncul. Gejala tersebut berupa ruam, kulit kering dan dermatitis. Jika tidak segera cepat ditangani, kondisi ini dapat menyebabkan jaringan parut sehingga dapat merusak penampilan.

Mengganggu saluran pernafasan

Formaldehid yang terkandung pada kosmetik mungkin takarannya memang rendah, tapi jika kita sering menggunakannya dan terhirup, saluran pernafasan akan teriritasi. Dengan begitu ada kemungkinan mengalami berbagai gejala seperti batuk, radang tenggorokan, nyeri dada, dan mengi. Jika anda memiliki riwayat asma mungkin anda akan mengalami kambuh saat menghirum formaldehid ini. Selain itu, senyawa ini dapat menyerang pada lambung atau usus, kerusakan pada hati, limpa, pankreas, dan ginjal, kematian juga dapat terjadi dalam kasus yang lebih parah.

Mengganggu sistem pencernaan

Jika kosmetik yang kita gunakan mengandung formalin, Sebaiknya anda mencuci tangan setelah menggunakannya atau jika bisa berhenti pemakaian. Karena tangan kita kemungkinan terpapar senyawa ini dan disaat kita makan sesuatu, walaupun formalin pada tangan hanya sedikit, ia akan berefek. Efek yang akan timbul ialah sakit perut, diare, serta peradangan pada mulut, kerongkongan, lambung, dan usus. Bahan kimia ini dapat menyebabkan perdarahan dilambung atau usus, kerusakan pada hati.

Kanker

Terkena paparan formalin dalam jangka waktu yang lama dapat meningkatkan terkena penyakit kanker. Penelitian yang dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa bahan kimia ini dapat memicu kanker. Penggunaan dalam dosis yang tinggi atau paparan nya yang cukup lama dapat menyebabkan kanker. Formalin bersifat karsinogenik atau bersifat menyebabkan kanker. Meski begitu, sampai saat ini masih belum dipastikan berapa kadar bahan kimia ini yang dapat memicu kanker.

Bukan hanya pada kosmetik, formalin juga dapat ditemukan pada produk lain seperti cat, rokok, desinfektan, antiseptik dan masih banyak lagi.

Itulah Bahaya formaldehid pada kosmetik yang harus diwaspadai, dan semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *