Bahan kimia pada kosmetik yang masih digunakan

Posted on

Bahan kimia pada kosmetik yang masih digunakan – Semua wanita didunia bisa cantik jika kita rajin merawat kulit kita agar kulit tampak sehat dan segar jika dilihat. Meski kita memiliki rupa yang cantik, yang namanya manusia tidak akan pernah puas dalam segala hal, termasuk penampilannya sendiri. Wanita selalu ingin terlihat sempurna, hingga mereka menggunakan makeup atau kosmetik untuk mengurangi kekurangan yang ada pada wajahnya.

Mengenal bahan kimia pada kosmetik

Bahan kimia pada kosmetik yang masih digunakan

Menggunakan makeup tidak ada salahnya, namun yang harus diperhatikan adalah kandungan didalamnya yang mungkin mengandung bahan kimia berbahaya. Kosmetik tak terlepas dari bahan kimia yang terkandung didalamnya. Beruntungnya, kini penggunaan bahan kimia yang berbahaya seperti hidroquinone dan merkuri telah banyak di basmi. Dan tentunya masih ada bahan kimia lain yang digunakan pada kosmetik, berikut bahan kimia pada kosmetik yang masih digunakan hingga saat ini.

Formaldehida

Biasanya Formaldehida sering kali ditemukan digunakan dalam produk pelicin rambut dan untuk pengkilap kuku. Bahan ini terbuat dati gas asli dan jika dalam bentuk cair disebut dengan formalin. Formal dehida ini bersifat karsinogen, dan sering kali dilabel sebagai methylene glycol. Bahan ini juga memiliki nama lain seperti Diazolidinyl yang biasa digunakan dalam produk pencuci muka atau perawatan rambut. Dan juga Quarternium-15 yang bisa ditemukan dalam produk kecantikan seperti bedak.

Paraben

Merupakan bahan pengawet aktif yang dapat ditemukan dalam bentuk alami, Seperti Bluberi dan lobak. Bahan tersebut sanga umum digunanakan dalam kosmrtik. Produser kosmetik, kebanyakan menggunakan konsetrasi paraben 0,3% atau lebih rendah. Duluar negeri lebit tepatnya di amerika serikat tidak ada larangan dalam penggunaan paraben dalam produk kosmetik. Paraben ini diketahui menunjukkan efek estrogen yang menimbulkan kekhawatiran tentang kanker payudara. Selain itu, penelitian yang dilakukan Harvard University menemukan bahwa paraben dapat berefek pada tubuh yang mempengaruhi tingkat kesuburan.

Phthalates

Bahan ini ditemukan sering digunakan dalam berbagai produk kosmetik termasuk cat kuku, parfum dan beberapa produk lainnya. Meski penggunaannya tidak dipermasalahkan oleh FDA, namun penggunaannya dilarang dalam produk untuk anak-anak. Selain untuk kecantikan, kandungan bahan kimia ini juga biasa digunakan dalam pengharum ruangan, dan detergen. Selain itu Phthalates juga sering digunakan dalam makanan. Untuk mengetahui produk dengan kandungan ini, anda cukup memperhatikan kemasan yang memiliki label daur ulang 3. Label tersebut menandakan produknya mengandung Phathalates tinggi.

Sodium Lauryl Sulfate (SLS)

SLS ini adalah detergen dan surfaktan yang biasa ditemui ditempat-tempat yang menjual produk perawatan tubuh, seperti sabun, shampo dan pasta gigi. Kandungan ini memiliki fungsi untuk mengahasilkan Busa seperti shampo dan krim cukur. Meskipun penggunaan bahan ini tidak dilarang penggunaannya, namun Namun bahan ini dapat menyebabkan kulit meradang. FDA menyarankan pengguna untuk menggunakan produk dengan bahan ini sesuai dengan penggunaan yang ditentukan pada label kemasan produk. Kandungan ini tidak ditemukan dan tidak baik untuk bayi, jadi jangan gunakan sabun dewasa pada bayi

Petrolatum

Bahan ini merupakan bahan kimia yang dihasilkan dari minyak bumi yang digunakan untuk menjaga lipstik dalam keadaan basah. Selain untuk lipstik, Petrolatum juga digunakan dalam produk lotion dan krim. FDA hanya menyarankan untuk menggunakan produk dari merk terkemuka, karena pabrik memiliki aturan ketat tentang penggunaan bahan ini dan selalu dipantau oleh pihak yang berwenang.

Triclosan

Bahan ini memiliki sifat pengawet dan antibakteri, dan sering ditemukan pada produk pasta gigi, produk perawatan mulut, deodoran, Sabun cair dan shampo. Meskipun penggunaan triclosan dalam pasta gigi dapat membantu mengatasi masalah gingivitis, penelitian yang dilakukan pada hewan memiliki hasil mengejutkan. Penelitian mengejutkan triclosan dapat mengganggu hormon tubuh manusia yang menyebabkan alergi dan juga dikaitkan dengan resiko beberapa jenis kanker.

Itulah beberapa Bahan kimia pada kosmetik yang masih digunakan hingga saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *